Safari Politik Muhammad Rudi

Safari Politik Muhammad Rudi
Ketua DPW Nasdem Kepri Muhammad Rudi membagikan beras kepada masyarakat kurang mampu di sela-sela pelantikan DPC Nasdem kecamatan di Kabupaten Lingga, awal Maret 2022. (Foto: gokepri/Tambunan)

Muhammad Rudi banyak melakukan safari politik selama tiga bulan pertama 2022 di luar daerah yang dipimpinnya. Menggalang dukungan di luar Batam jelang pemilihan gubernur 2024.

Ditulis oleh:
Jamariken Tambunan, Engesti, Candra Gunawan

Acara Ketua DPW Partai Nasdem Kepri Muhammad Rudi di Gedung Nasional Dabosingkep, Kabupaten Lingga, Rabu pekan lalu, sejatinya pelantikan 13 DPC Nasdem kecamatan dan rapat internal partai. Tapi di sela-sela pelantikan, Rudi membagikan kebutuhan pokok termasuk sekarung beras bergambar wajahnya di tengah, Marlin Agustina di kanan dan Muhammad Nizar di kiri. Nizar adalah Ketua Nasdem Lingga dan Bupati Lingga, sedang Marlin adalah Wakil Gubernur Provinsi Kepri sekaligus istri dari Rudi. Kebutuhan pokok ini diberikan kepada masyarakat Lingga yang kurang mampu.

Mengenakan peci hitam dan kemeja kerah putih lengan panjang berwarna biru tua Nasdem, Walikota Batam ex officio Kepala BP Batam itu juga menyinggung soal pemilihan umum 2024.

Ia menceritakan sudah tiga periode di Batam. Satu kali sebagai wakil walikota, dua periode menjadi walikota. “Kalau diminta masyarakat saya akan maju di DPR RI atau Gubernur (Kepri),” kata Rudi.

Mantan anggota DPRD Batam itu kemudian melempar pilihan kepada tamu yang hadir dalam pelantikan DPC Nasdem kecamatan. “Kalau Anda semua ingin saya maju, saya akan maju,” sambung Rudi.

Acara Rudi di Lingga bukan cuma urusan Nasdem. Ada agenda lain di luar agenda politik. Pertama bertemu Bupati Lingga Muhammad Nizar untuk menjalin kemitraan antara pemerintah daerah di Gedung Daerah. Kerja samanya yang mencuat beberapa di antaranya pertanian dan air bersih. Rudi membawa pejabat Pemko Batam dan BP Batam dalam pertemuan itu.

Agenda kedua pelantikan Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Lingga periode 2022-2027 di Masjid Az Zulfa, Singkep pada Rabu sorenya. Untuk diketahui, Rudi juga menjabat Ketua DMI Provinsi Kepri sejak November 2021 dan dilantik Ketua Umum DMI Jusuf Kalla pada Desember 2021.

Acara seperti di Lingga yang bupatinya adalah orang Nasdem bukan yang pertama. Memberi sinyal akan maju pemilihan gubernur 2024, Rudi mulai rajin kunjungan ke daerah lain setidaknya sejak awal 2022. Ia punya banyak agenda di luar daerah yang dipimpinnya.

Pada awal dan pertengahan Februari 2022, Rudi mengunjungi Kabupaten Karimun yang dipimpin Aunur Rafiq, Ketua Partai Golkar Karimun. Bersama Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Rudi disambut meriah ketika silaturahmi dengan masyarakat Pulau Semembang, Kecamatan Durai.

Agenda Rudi di sana cukup banyak, beberapa di antaranya menghadiri Musda DMI Karimun, peringatan Isra Miraj dan Keluarga Besar Putra Putri Pensiunan Bea Cukai (KBP3BK) Kabupaten Karimun Periode 2021-2024 pada akhir Februari 2022. Untuk diketahui, pemilih untuk pemilihan umum di Karimun adalah yang kedua terbanyak setelah Batam.

Setelah dari Karimun, Rudi mengunjungi Bintan yang merupakan basis pemilih Ansar Ahmad, Gubernur Kepulauan Riau. Bupati Bintan dijabat pelaksana tugas yakni Roby Kurniawan, yang merupakan anak kandung dari Ansar. Ansar memimpin dua periode di Bintan.

Di sana, Rudi juga hadir sebagai Ketua DMI Kepri. Ia juga sempat bertemu dengan kader Nasdem dan masyarakat. Rudi pun membagikan kebutuhan pokok.

Rudi mengunjungi Tanjungpinang pada awal 2022, juga untuk menghadiri Musda DMI Tanjungpinang. Walikota dari Ibukota Kepri ini adalah Rahmah, kader Partai Nasdem. Selain bertemu ASN Pemko Tanjungpinang sebagai narsum seminar, Rudi juga sempat silaturahmi dengan ketua RT dan RW di sana

“Peran RT dan RW sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah kepada masyarakat sangat vital. Bapak Muhammad Rudi adalah putra terbaik Kota Tanjungpinang, dirinya berhasil membangun Batam dan selayaknya berbagi ilmu kepada kampung kelahirannya,” ujar Rahma usai kegiatan silaturahmi tersebut.

Strategi Rudi mengunjungi luar daerah yang dipimpinnya dipandang sebagai safari politik menjelang pemilihan gubernur 2024. Pengamat Politik Zamzami A Karim menyampaikan baik sosok Ansar maupun Rudi juga sudah mulai memanaskan mesin politik jelang Pilgub Kepri 2024.

Sosok Wali Kota Batam dua periode tersebut belakangan tampak aktif gencar turun ke masyarakat bahkan hingga ke pulau-pulau untuk bersilaturahmi sekaligus bertemu kader serta simpatisan Partai NasDem.

“Ibarat mau bertanding, mesin patut dipanaskan dulu, biar siap adu kuat di gelanggang nanti,” ujar Zamzami yang juga dosen STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang kepada Kantor Berita Antara akhir Februari lalu.

Tak cuma Rudi, Ansar Ahmad pun pelan-pelan telah bergerak mengambil kedudukan sosial, sebagai Ketua ICMI hingga anggota Kehormatan KAHMI Kepri.

“Ansar mulai merangkul organisasi masyarakat, tentu ini ada kaitannya dengan meraih dukungan politik,” ucap Zamzami.

Sampai sejauh ini harus diakui memang baru kedua figur politik Ansar dan Rudi yang diperkirakan kembali meramaikan bursa pencalonan Gubernur Kepri 2024.

Sementara figur-figur lainnya belum terdengar dan muncul ke permukaan, seperti mantan Gubernur Kepri Soerya Respationo dan Isdianto.

“Pemilu 2024 nampaknya masih lama, padahal sudah dekat, tapi baru dua figur yang menonjol,” sambung Zamzami.

Di Batam, Rudi bersama Amsakar menang jauh dari rivalnya saat Pilwako 2020, Lukita-Abdul Basyid. Batam yang diyakini menjadi kunci kemenangan Pilgub Kepri, saat 2020 memiliki 366.135 pemilih. Rudi mengantongi 267.497 suara

Jika menghitung kekuatan Nasdem di Kepri dari perolehan kursi, partai yang dipimpin Surya Paloh ini punya 6 kursi di DPRD Kepri atau peringkat ketiga di bawah PDIP dan Golkar. Perolehan Nasdem di Kepri sebanyak 90.735 untuk pemilihan legislatif.

Sedangkan suara Golkar di Kepri untuk pemilihan DPR RI adalah yang terbanyak dengan perolehan 173.998 untuk pemilihan legislatif dan diikuti PDIP 148.887 dan Nasdem 123.341.

Sedang jika menghitung koalisi Golkar-Nasdem-PPP-PAN di pemilihan gubernur, Ansar-Marlin meraih 308.553 suara atau 39,97 persen. Saat pemilihan gubernur, total suara sebanyak 772.030.

MALU-MALU DI IBUKOTA, KIRIM SINYAL DI LINGGA

Safari Politik Muhammad Rudi

Muhammad Rudi sempat tidak menjawab dengan terang soal arah politiknya menjelang pemilihan 2024 di Tanjungpinang pada akhir Februari lalu. Rudi masih enggan menjawab terkait dukungan pencalonannya pada Pilgub Kepri 2024.

“Kalau soal itu, nanti dululah,” kata Rudi saat melantik Pengurus DPC dan DPRt Se-Kota Tanjungpinang, Minggu (27/2).

Tapi ketika di Lingga saat di hadapan kader Nasdem dan masyarakat, Rudi menjawab dengan terang arahnya yakni maju ke DPR RI atau bertarung di pemilihan gubernur.

Dukungan terang-terangan justru datang dari kader Nasdem di Tanjungpinang yang mendukung Rudi maju sebagai calon gubernur.

Ketua DPD NasDem Kota Tanjungpinang Bobby Jayanto menyebut sosok Rudi merupakan salah satu kader terbaik NasDem yang akan didukung maju pada kontestasi politik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri 2024.

“DPD NasDem Tanjungpinang dan semua kader siap mendukung dan memenangkan Rudi pada Pilgub 2024,” kata Bobby Jayanto di Tanjungpinang, Senin.

Sementara itu Wali Kota Tanjungpinang Rahma yang juga kader NasDem mengaku mendukung penuh Rudi agar bisa maju pada Pilgub Kepri 2024.

Dia optimistis Rudi mampu bersaing dan memperebutkan kursi orang nomor satu di Kepri jika semua kader mulai dari barisan paling ujung ranting hingga cabang kompak dan bahu-membahu mendukung Kepala BP Batam tersebut.

“Sesuai slogan kita. Bersatu, Berjuang, dan Menang,” ujar Rahma.

ANSAR: MALU DENGAN MASYARAKAT

Safari politik muhammad rudi

Sementara Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad masih belum tertarik membicarakan soal Pemilihan Gubernur (Pilgub) Tahun 2024.

Ansar menyebut saat ini kondisi masyarakat tengah susah akibat dampak pandemi COVID-19 sehingga belum tepat baginya untuk berbicara terkait kontestasi politik di Pilgub Kepri.

“Sekarang kita sedang fokus tangani pandemi dan menyejahterakan masyarakat. Kerja dulu. Malu sama masyarakat” kata Gubernur Ansar di Batam, 4 Maret 2022.

Ansar mengingatkan kepada masyarakat agar membantu pemerintah menangani lonjakan kasus COVID-19 yang tengah terjadi dengan meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan.

Menurutnya, pemerintah terus berupaya maksimal menekan penyebaran COVID-19 dan di sisi lain tetap mengawal perekonomian agar tetap tumbuh dan menggeliat.

“Itu masih jadi pekerjaan rumah (PR) terbesar kita saat ini. Kalau soal Pilgub 2024, nanti dulu, masih lama,” kata Ansar.

Ansar tidak menanggapi terkait munculnya sejumlah figur politik yang digadang-gadang sebagai calon Gubernur Kepri 2024, salah satunya nama Wali Kota Batam yang juga Ketua DPW NasDem Kepri Muhammad Rudi.

“Iya, biarkan saja,” kata Ansar singkat.

***

Baca Juga Topik Politik Lainnya:

BAGIKAN