PPP Usung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024

Ganjar Pranowo profil
Ganjar Pranowo. Foto: Antara Foto

JAKARTA (gokepri) – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jadi calon presiden (capres) dalam ajang pemilihan presiden 2024.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono di kediamannya, Sleman, Yogyakarta pada Rabu 26 April 2023.

“Setelah melalui musyawarah dan diskusi yang mendalam, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Partai Persatuan Pembangunan memustuskan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Republik Indonesia pada pemilihan umum presiden 2024 yang akan datang,” ujar Mardiono seperti yang disiarkan kanal YouTube Petiga TV.

Baca Juga: Diumumkan Hari Ini, Capres PPP Ganjar atau Sandiaga?

Sebelumnya, PPP mengadakan rapat pimpinan pada Senin (24/4/2023) dan Selasa (25/4/2023). Saat itu, salah satu pembahasan dalam rapat itu yaitu penentuan capres usungan PDIP.

Juru Bicara PPP Usman M. Tokan ada beberapa nama capres potensial yang dibahas. Akhirnya, mengerucut ke satu nama sehingga setiap pimpinan setuju untuk segera mengumumkan nama itu sebagai capres PPP.

“Ada berapa nama, tapi mengerucut satu nama dan itu yang mau diumumkan siang ini,” jelas Tokan saat dihubungi, Rabu (26/4/2023).

Sebagai informasi, pengumuman capres PPP ini tak lama setelah PDI Perjuangan (PDIP) juga mengumumkan Ganjar Pranowo jadi capres usungannya pada akhir pekan lalu.

Ketua Majelis Pertimbangan PPP M. Romahurmuziy alias Rommy juga sempat mengaku senang atas pencapresan Ganjar oleh PDIP. PPP, lanjutnya, memang dekat dengan Ganjar.

“Mas Ganjar bukan orang lain bagi PPP. Mertua mas Ganjar, yaitu almarhum pak Supriyadi adalah tokoh NU dan Ketua PPP Purbalingga pada saat NU berfusi ke PPP pada 1973. Bahkan, kakak ipar mas Ganjar, yaitu mbak Nurul Hidayah Supriati masih menjadi anggota DPRD Provinsi Jateng aktif dari PPP,” ujarnya melalui keterangan resminya, Jumat (21/4/2023).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan beberapa partai politik (parpol). Dia menyebut beberapa parpol akan melakukan deklarasi pada pekan ini, tetapi enggan menyebut nama partai-partai yang dimaksud.

“Nanti kita tunggu saja bahwa minggu-minggu ini akan muncul deklarasi dari parpol lain yang mendukung capres dari PDIP bapak Ganjar,” ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta pada Senin (24/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga: Megawati Umumkan Ganjar Pranowo Jadi Capres PDIP

Penulis: Candra Gunawan

BAGIKAN