KABAR UNIBA: Soerya Respationo Buka Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru Uniba

Uniba
Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Batam (Uniba). (Foto: Dok Uniba/gokepri)

Batam (gokepri.com) – Universitas Batam (Uniba) menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2020/2021 pada Kamis 15 Oktober – Jumat 16 Oktober 2020. Kegiatan ini upaya penyambutan dan pembekalan mahasiswa baru Uniba sebelum memulai perkuliahan. Ketua Senat Uniba DR. HM Soerya Respationo SH MH akan membuka PKKMB.

Ketua Pengawas Universitas Batam, Prof. Dr. Ir. Jemmy Rumengan SE SH MHum, menerangkan PKKMB Uniba tahun 2020 ini diikuti oleh 1.119 mahasiswa baru jenjang S-1 dari 19 program studi.

Ini kali pertama PKKMB Uniba dilakukan secara daring atau virtual lewat aplikasi Zoom. Adapun rangkaian kegiatan PKKMB Uniba 2020 untuk masing-masing program studi diselenggarakan via Zoom atau Google Meet.

“(PKKMB) kali ini menggunakan metode daring,” ujar Jemmy.

Ketua Pengawas Universitas Batam Prof. Dr. Ir. Jemmy Rumengan SE SH Mhum. (istimewa)

Ketua Senat Uniba Dr. HM Soerya Respationo SH MH akan memberi sambutan secara daring kepada mahasiswa baru pada PKKMB hari pertama, Kamis 15 Oktober 2020.

PKKMB Uniba tahun 2020 pada masa pandemi ini menekankan pada pengenalan kampus lewat virtual dan interaksi pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Dengan demikian, mahasiswa baru dapat mempersiapkan diri secara matang untuk menjalani kehidupan akademik secara daring.

Untuk menyambut mahasiswa baru di tengah situasi pandemi saat ini, Uniba mengambil terobosan. PKKMB di Uniba turut mematuhi protokol kesehatan dengan membatasi peserta dari kalangan senat sebanyak 50 orang. Bahkan Uniba menyajikan Kuliah Umum dari Direktur RSKI Galang Kolonel CKM dr Khairul Insan Nasution untuk memotivasi para mahasiswa baru.

Ketua Senat Universitas Batam (Uniba) Dr. HM Soerya Respationo SH MH (kanan).

Kegiatan PKKMB Uniba tahun 2020 mengusung tema “Wujudkan Perguruan Tinggi yang Inklusif dan Mahasiswa yang Powerful Agile Learner di Era New Normal” kepada mahasiswa.

Lebih lanjut, materi pembelajaran yang disajikan dalam PKKMB daring cukup beragam mulai dari pengenalan fakultas dan prodi, fasilitas dan proses belajar mengajar, bimbingan akademik, kuliah umum kewirausahaan, hingga membangun start-up.

Prof Jemmy mengatakan PKKMB Uniba 2020 diharapkan mampu menjadikan mahasiswa baru Uniba menjadi insan yang menjunjung tinggi kemandirian, insan yang melahirkan sinergi akhlak, ilmu dan keterampilan dalam menjalani proses pendidikan.

“Dalam bertindak menjadi sikap yang tauladan dalam membangun sinergi kreativitas. Menumbuhkembangkan pengetahuan sehingga mahasiswa mampu inovatif, kreatif dan terampil, berdaya saing dan kooperatif dalam membangun Kepri,” jelas Jemmy.

Sebagai gambaran, Universitas Batam memiliki 19 program studi jenjang S-1 atau yang terbesar di Kepri.

Uniba juga memiliki lima program magister jenjang S-2 juga terbesar di Kepri dan satu program S-3 doktoral Manajemen Sumber Daya Manusia. Program doktoral ini satu-satunya di Kepri.

Lalu ada fakultas kedokteran ilmu kesehatan yang merupakan program studi kedokteran satu-satunya di Kepri. Bahkan, Uniba sudah memiliki Rumah Sakit Bunda Halimah untuk mendukung fakultas kedokterannya.

“Mahasiswa yang menimba ilmu di Uniba tidak lagi harus jauh-jauh dari Koas, kami sudah memiliki rumah sakit,” terang Jemmy. (eri)

Editor: Candra Gunawan

Baca Juga:

BAGIKAN