Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Tinggalkan Motor untuk Mudik

tinggalkan motor untuk mudik
Ilustrasi. Sepeda motor ditinggalkan mudik. Foto: Gokepri.com/Asrul Rahmawati

Batam (gokepri.com) – Meninggalkan sepeda motor saat mudik bisa menjadi beban pikiran, apalagi jika mudik dalam waktu lama. Motor yang tak digunakan selama beberapa hari kadang bisa terjadi masalah saat digunakan lagi.

Scooter VIP, Radyan Mahandya Putra membagikan kiat bagi para pemudik yang meninggalkan sepeda motornya dalam waktu yang lama.

Radyan mengatakan ada beberapa hal penting yang harus dilakukan saat meninggalkan motor untuk mudik, berikut kiat darinya, dikutip dari keterangan resminya, Senin 8 April 2024.

Baca Juga: Kiat Menjaga Tubuh Tetap Prima Selama Mudik Lebaran

Pastikan tangki bensin penuh

Saat meninggalkan motor dalam waktu yang lama sebaiknya pastikan tangki bensin penuh. Bahan bakar yang penuh dapat menghindarkan pengembunan. Pengembunan atau kondensasi di dalam tangki itu salah satu penyebab adanya air di dalam tangki bensin sehingga meminimalisir terbentuknya uap air.

Kunci stang

Ini merupakan hal yang sepele tapi dapat membantu menghindari pencurian yang sering terjadi di saat-saat musim mudik Lebaran. Bisa juga gunakan alarm dan pengamanan tambahan agar maling sulit membobolnya.

Lepas kabel aki motor

Sebaiknya lepas kabel aki agar terhindar dari masalah pada bagian kelistrikan, apalagi jika ditinggal lama dan jarang dipanaskan.

Aki yang terus menerus terpasang pada motor tanpa dipanaskan dapat menurunkan performanya. Biasanya hal ini ditandai dengan sulit distarter saat akan dipergunakan kembali.

Lebihkan tekanan udara pada ban

Tekanan udara ban motor berdiam lama di rumah akan berkurang lebih cepat ketimbang ban yang dipakai setiap hari. Sebaiknya isi sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan, tambahkan sekitar 5 psi, supaya tekanan ban tidak cepat berkurang bahkan hingga habis total.

Servis berkala

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat ingin menggunakan kembali motor, ada baiknya para pemilik melakukan perawatan berkala sebelum ditinggal mudik.

Perawatan berkala yang harus dilakukan setidaknya mengganti pelumas mesin maupun pelumas gardan agar motor mudah dihidupkan saat akan dipergunakan kembali untuk beraktivitas sekembalinya dari mudik panjang.

Gunakan standar tengah

Saat meninggalkan motor, jangan lupa untuk menggunakan standar tengah kemudian di bagian bawah dialasi karpet atau keset.

Tujuannya agar motor dalam keadaan balance sehingga tidak mudah terjatuh jika terjadi sesuatu kejadian di luar dugaan seperti bencana alam contohnya gempa kecil agar tidak terjadi friksi kasar pada permukaan lantai garasi rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN