Gubernur Lantik Kepengurusan PKK Kepri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad melantik kepengurusan PKK Kepri.
Gubernur Kepri Ansar Ahmad melantik kepengurusan PKK Kepri Masa Bakti 2021-2024 di Aula Wan Sri Beni, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (4/3/2021).

Tanjungpinang (gokepri.com) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengucapkan selamat kepada pengurus PKK Provinsi Kepri yang dilantiknya. Gubernur berharap susunan kepengurusan baru yang tidak hanya didominasi ibu-ibu, namun dengan turut serta melibatkan bapak-bapak dari tokoh masyarakat, tokoh pendidik bahkan tokoh agama tersebut menjadikan organisasi ini lebih berperan ke depannya di tengah masyarakat.

“Dengan susunan formasi PKK baru yang turut serta melibatkan semua unsur, saya yakin organisasi ini dapat menghasilkan performance terbaik dalam memberikan sumbangsihnya dalam membangun keluarga di Provinsi Kepulauan Riau,” kata Ansar pada acara Pengukuhan Pengurus TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Masa Bakti 2021-2024 di Aula Wan Sri Beni, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (4/3/2021).

Turut hadir Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina, Sekdaprov Arif Fadillah, Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb Andi Wijanarko, Wakajati Kepri Patris Yusrian Jaya, Perwakilan FKPD, Perwakilan Organisasi Wanita Se-Provinsi Kepulauan Riau serta Ketua dan pengurus PKK Kabupaten /Kota yang mengikuti melalui sambungan Video Conference.

PKK, menurut Ansar, merupakan mitra kerja yang paling lengkap dari kepengurusan di pusat, provinsi, kabupaten kota, kecamatan, hingga ke tingkat desa dan keluarga. PKK hingga saat ini mempunyai sumbangsih dan kontribusi yang besar dalam memberdayakan keluarga di Indonesia termasuk di Provinsi Kepulauan Riau.

“PKK memiliki fungsi yang besar, bukan hanya sebagai organisasi yang selalu terlibat dalam mengedukasi keluarga, namun lebih jauh PKK melalui pokja masing-masing berperan dalam membangun perilaku masyarakat yang lebih banyak berkarya dan produktif,” katanya.

Lebih lanjut Ansar menjelaskan bahwa di tengah situasi yang masih memprihatinkan akibat pandemi Covid-19 dimana semua tidak tahu kapan berakhir, telah menyebabkan kontraksi terhadap sektor ekonomi dan sosial, maka peran PKK akan lebih besar dalam usaha pemberdayaan keluarga dalam mengatasi situasi sulit ini.

Menyampaikan kembali pesan Mendagri ketika pelantikan Ketua PKK Provinsi Kepulauan Riau bahwa PKK dan Pemerintah Daerah harus bekerja extraordinary dalam saat seperti ini.

“Maka saya meminta PKK untuk bekerja sungguh-sungguh, gunakan jaringan dan implementasikan dengan baik program-program dalam setiap pokja untuk membantu masyarakat. Saya menjamin, pemerintah akan mendukung penuh setiap program yang dijalankan PKK,” kata Ansar.

PKK ke depan, harap Ansar, harus lebih banyak melakukan kegiatan pemberdayaan di tengah masyarakat apalagi ditengah pandemi covid saat ini, selain itu juga harus mengurangi kegiatan seremonial.

“PKK punya jaringan yang banyak, mulai dari Jalasenastri, Bhayangkari, Adhiyaksa Dharma Karini, Persit, Pia Ardhiya Garini, DWP dan organisasi Sosial lainnya, ajak untuk bekerjasama dan bergandengan tangan membantu keluarga yang terdampak covid, sehingga mereka mampu memenuhi kebutuhan dasarnya, jangan sampai keluarga ini terjebak dalam lingkaran kemiskinan. PKK harus berperan disini memutus mata rantai tersebut,” ajaknya.

Terakhir Ansar yakin Dewi Kumalasari dapat memimpin PKK Provinsi Kepulauan Riau dengan baik. Karena beliau punya pengalaman 10 tahun mendampinginya ketika masih di Kabupaten Bintan.

Pengalaman yang telah dipunyai menjadi modal dasar yang bagus dan harus terus dikembangkan dalam menghadapi situasi saat ini dengan membangun jaringan dengan PKK Kabupaten/Kota agar program yang telah disusun dapat dijalankan dengan baik.

“Jadikan amanah ini sebagai sarana untuk menolong orang lain. Setetes kebaikan kita akan jadi amal jariyah di sisi Allah. Gunakan jabatan ini untuk menolong orang lain. Terus semangat, tidak ada kata menyerah, saya yakin bapak/ibu punya kemampuan organisasi dan manajerial yang baik. Jalankan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab. Jadikan PKK sebagai organisasi kebanggaan di Provinsi Kepri,” tutupnya.

Sementara itu Ketua PKK Provinsi Kepulauan Riau Dewi Kumalasari dalam sambuatannya menyampaikan bahwa dengan telah dikukuhkannya PKK Provinsi Kepulauan Riau Masa Bakti 2021-2024, menjadi spirit baru untuk melaksanakan pengabdian di tengah masyarakat.

Selaku ketua dan pengurus, istri Gubernur ini memohon dukungan semua pihak untuk dapat bekerjasama dalam rangka mewujudkan cita-cita keluarga yang sehat, berakhlak mulia, mandiri dan sejahtera.

“Untuk para pengurus saya sangat mengharapkan adanya kekompakan, kreativitas dan inovasi. Tetap semangat, kerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas serta kerja tuntas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pengurus PKK Provinsi Kepri,” harapnya.

Adapun berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepulauan Riau Nomor. 4 Tahun 2021 tentang Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kepulauan Riau Masa Bakti 2021-2024 mengukuhkan secara resmi Dewi Kumalasari menjadi Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau.

Kemudian Rismarini Arif sebagi Wakil Ketua I, Meytia Yulianty Wakil Ketua II, Nazillah Syamsul Bahrum Wakil Ketua III dan Umi Hidayati Bisri Wakil Ketua IV serta Afitri Susanti sebagai Sekretaris. (r)

BAGIKAN