Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Ilustrasi. Berkendara di musim hujan. Foto: Freepik.com

Batam (gokepri.com) – Tidak mudah bagi pengemudi berkendara di musim hujan. Hal ini karena kondisi jalan akan menjadi licin dan membahayakan. Berikut tips aman berkendara di musim hujan yang wajib diketahui.

Risiko kecelakaan dan kendala dalam berkendara meningkat saat hujan turun. Pengemudi harus ekstra hati-hati. Simak tips yang dilansir dari laman Autoi2000 berikut ini.

1. Periksa kendaraan

Baca Juga: 6 Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Malam Hari

Sebelum berkendara pastikan mobil dalam keadaan prima. Tidak hanya kondisi fisiknya tapi juga sistem kendaraan dan mesinnya.

Lakukan servis berkala dan pemeriksaan rutin. Ganti komponen yang aus, sehingga kendaraan pun siap di segala kondisi cuaca, termasuk saat musim hujan.

2. Jangan manuver tiba-tiba

Cengkeraman antara ban dan jalanan berkurang saat hujan, hal ini karena kondisi jalan licin. Sebaiknya hindari manuver tiba-tiba seperti pengereman mendadak atau akselerasi yang cepat agar tidak kehilangan kendali kendaraan.

Selain itu jangan mengebut saat mengemudi, pastikan tidak melamun dan tetap berkonsetrasi sehingga dapat merespon cepat saat dalam keadaan darurat.

3. Hindari genangan air

Melintasi jalanan dengan genangan air terutama yang berlubang dan memiliki ketinggiaan tidak merata sangat berbahaya untuk keselamatan karena pengemudi tidak tahu seberapa dalam genangan tersebut.

Roda yang masuk ke dalam lubang juga dapat menyebabkan kehilangan cengkeraman terhadap kendaraan.

Apabila memang harus melintasi genangan, berkendaralah dengan kecepatan rendah sehingga kendali kendaraan tetap kuat.

4. Waspadai aquaplaning

Sistem aquaplaning atau hydroplaning terjadi ketika lapisan air di atas permukaan jalan membuat ban kendaraan kehilangan cengkeraman dengan jalan. Hal ini dapat menyebabkan kendaraan kehilangan kendali dan menjadi tidak stabil.

Hindari risiko ini dengan berkendara dalam kecepatan rendah dan pastikan ban kendaraan berada dalam kondisi baik dengan alur ban yang dalam.

5. Gunakan lampu kendaraan dengan tepat

Hujan menyebabkan visibilitas pengemudi terhadap keadaan di sekeliling menjadi berkurang, terutama saat hujan deras atau kabut.

Pastikan menggunakan lampu kendaraan dengan tepat agar dapat melihat jalan dengan jelas dan menjadi lebih terlihat oleh pengemudi lain.

6. Jaga jarak

Pengemudi dianjurkan untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain demi keselamatan bersama. Menjaga jarak dengan aman dapat memberikan waktu reaksi yang lebih baik dalam situasi darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN