Remaja 17 Tahun Terlibat Penyelundupan Sabu dan Ganja di Lapas Narkotika Tanjungpinang

lapas tanjungpinang
Polres Bintan menggelar konferensi pers penyelundupan narkoba di Lapas Tanjungpinang, 21 Juni. Foto: istimewa

Tanjungpinang (gokepri) – Upaya penyelundupan narkoba jenis sabu dan ganja ke dalam Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang digagalkan petugas. Narapidana dan remaja 17 tahun terlibat.

Petugas menyita 12 paket sabu dan satu paket ganja yang disembunyikan dalam botol sabun cair. Dua orang ditetapkan sebagai tersangka terkait penyeludupan ini, yakni D, seorang warga binaan Lapas Narkotika Tanjungpinang, dan R, seorang remaja berusia 17 tahun.

Baca:

“Modus operandi ini terungkap saat petugas melakukan pemeriksaan rutin terhadap barang bawaan Tamping yang bekerja membersihkan lingkungan Lapas,” ungkap Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Edi Mulyono, Jumat (21/6/2024). Tamping yang dimaksud merupakan narapidana yang bertugas membantu petugas Lapas dalam hal kegiatan pembinaaan di bidang kegiatan kerja, pendidikan, keagamaan, olahraga, Kesenian, kebersihan lingkungan, hingga kegiatan industri.

Barang bukti ditemukan saat Tamping melakukan pembuangan sampah dari dalam Lapas menuju area samping Lapas yang berjarak sekitar 100 meter. Ketika Tamping itu kembali masuk ke Lapas, seperti biasanya petugas melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap tamping atau WBP. Setelah dilakukan penggeledahan petugas mencurigai adanya barang terlarang.

Penyelundupan terbongkar ketika petugas mencurigai sebuah barang di dalam kemasan sabun cair yang berisi bungkusan balon tiup. Petugas Lapas Narkotika Tanjungpinang kemudian melaporkan temuan tersebut kepada Satuan Narkoba Polres Bintan.

“Barang bukti yang diduga narkoba dan terduga pelaku penyelundupan kami serahkan ke Satresnarkoba Polres Bintan,” ungkap Edi Mulyono.

Edi Mulyono menegaskan komitmen Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang untuk menjaga Lapas bersih dari barang-barang terlarang. Sesuai SOP, petugas dituntut untuk melakukan penggeledahan secara menyeluruh terhadap barang dan badan narapidana yang masuk ke dalam Lapas, memastikan tidak ada celah bagi barang terlarang untuk masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Jamariken Tambunan

BAGIKAN