Pasar Baru Encik Puan Perak Mulai Ramai, Pedagang Masih Beradaptasi

pasar encik puan perak
Gedung pasar baru Encik Puan Perak, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, 27 April. Foto: gokepri/Engesti Fedro

Tanjungpinang (gokepri) – Sejumlah pedagang mulai menempati dan berjualan di gedung pasar baru Encik Puan Perak, Tanjungpinang, yang telah direvitalisasi di gedung blok B-C dan D. Meski lapak belum penuh, sejumlah pembeli mulai ramai mengunjungi pasar tersebut.

Salah satu pedagang, Rama, mengatakan ia beserta pedagang lain sudah mulai berjualan sejak sepekan terakhir. “Sudah mulai jualan di sini. Tapi masih sepi (pelanggan),” kata dia, Sabtu (27/3/2023).

Baca Juga:

Ia sempat mengeluh, karena belum sepenuhnya pedagang mau pindah ke tempat gedung baru ini lantaran masih menghabiskan kontrak sisa di tempat lapak mereka berjualan di sekitar Pasar Encik Puan Perak. “Belum mau pindah semua mau habiskan kontrak karena kontrak mereka bulan 6 baru habis,” katanya.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat mengatakan, Pasar Baru Encik Puan Perak memang belum banyak ditempati pedagang. Alasannya, karena para pedagang masih menghabiskan masa kontraknya di sejumlah toko lainnya sebelum akhirnya nanti pindah ke pasar baru ini.

“Mereka masih menghabiskan masa kontraknya di sejumlah toko lainnya,” kata dia.

Pemko Tanjungpinang akan menyurati pedagang supaya segera menempati pasar baru tersebut. Sebelumnya, Pemko Tanjungpinang juga sudah melakukan serah terima bangunan pasar dari Kementerian PUPR supaya dapat dioptimalkan pemanfaatannya.

“Jadi sebenarnya para pedagang ini sebelumnya telah mengontrak di toko lain sampai dengan bulan Juli 2024. Maka dari itu mereka masih menunggu selesai,” ungkapnya.

Zulhidayat menambahkan, sampai saat ini sudah ada sekitar 700 pedagang yang telah menandatangani surat peryataan untuk pindah ke pasar tersebut. “Nantinya Pemerintah akan memiliki mekanisme, dan langkah-langkah untuk membuat pasar ramai dari pengunjung, seperti yang pernah dibuat,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui terdapat 3 bauh gedung telah dilakukan revitalisasi yakni Gedung blok A lalu, blok B-C dan blok D. Namun baru gedung blok B-C dan blok D ditempati para pedagang untuk berjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News

Penulis: Engesti Fedro

BAGIKAN