Mencetak Lulusan Siap Kerja, SMKN 5 Batam Memiliki Workshop Terlengkap

Kepala Sekolah SMKN 5 Batam, Agus Sahrir, MPd, meninjau siswa praktek di Workshop Jurusan Teknik Pemesinan Kapal. Setiap jurusan diterapkan SMKN 5 Batam memiliki Workshop cukup lengkap sesuai standar industri./ F_ gokepri.com
Kepala Sekolah SMKN 5 Batam, Agus Sahrir, MPd, meninjau siswa praktek di Workshop Jurusan Teknik Pemesinan Kapal. Setiap jurusan diterapkan SMKN 5 Batam memiliki Workshop cukup lengkap sesuai standar industri./ F_ gokepri.com

Batam (gokepri.com) – SMK Negeri 5 Batam merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan terbaik di Kota Batam, yang menyelenggarakan program pendidikan keahlian bagi lulusan siap pakai.

Sekolah kejuruan negeri yang berlokasi di Kaveling Kamboja, Kelurahan Sei Pelenggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam ini, menerapkan 11 program keahlian yang ditunjang dengan sarana dan prasaran parktek yang memadai. Setiap jurusan dilengkapi dengan workshop sesuai dengan standar dibutuhan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

SMKN 5 Batam juga terus beradaptasi dengan kebutuhan abad 21, sehingga sekolah ini dapat mewujudkan Intrusksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK. Dengan terus melakukan peningkatan-peningkatan, mulai dari link and match penyelarasan kurikulum berbasis industri, kerjasama dengan sejumlah perusahaan ternama dari magang/prakerin siswa, membangun kelas industri, hingga mendatangkan guru tamu dan perukrutan lulusan terserap oleh industri.

Penerapan program Link and Match dilakukan SMKN 5 Batam mendapat sambutan positif dari sejumlah perusahaan ternama, seperti SMOE, Profab, Caterpilar, Panasonic, Shneider, dan perusahaan terkemuka lainnya. Bahkan tidak sedikit alumni dari SMKN 5 Batam juga sudah banyak bekerja di perusahaan tersebut.

Tak hanya sebatas itu saja, bahkan tanggungjawab SMKN 5 Batam terhadap nasib tamatan juga masih diperhatikan, selain menerpa skillnya dengan berbagai latihan di workshop sekolah, juga turut mencarikan peluang kerja di berbagai perusahaan yang telah menjalin kerjasama sebelumnya.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 5 Batam, Agus Sahrir MPd, program-program peningkatan yang dilakuannya itu, sesuai dengan visi dan misi sekolahnya, yakni menjadikan SMKN 5 Batam sekolah unggulan yang menghasilkan sumber daya manusia bermutu dan berdaya saing tinggi.

Dalam mewujudkan visi tersebut, kata Agus, sejumlah strategi dan pendekatan tata kelola program sekolah dengan mengadaptasi teknologi Revolusi Industri 4.0 dengan penerapan pendidikan Abad 21, yakni Creative, Critical Thinking, Collaboration, dan Communication.

SMK Negeri 5 Batam selain meningkatkan hard skill siswa, juga menerapkan program inovasi soft skill siswa, di antaranya berupa pembinaan fisik, mental, serta sikap, disiplin siswa dan wawasan kebangsaan dengan menggandeng Angkatan Laut Lanal Batam. Upaya ini dilakukan untuk membentuk karakter siswa, serta memiliki etos kerja. (aat)

Baca juga: Jurusan Animasi Menjanjikan Peluang Kerja, Program Andalan Diterapkan SMKN 9 Batam

BAGIKAN