Hari Ini, Presiden Jokowi Lantik Gubernur Kepri, Sumbar dan Bengkulu

Presiden lantik gubernur
Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina. (Foto: istimewa)

Jakarta (Gokepri.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan melantik beberapa gubernur terpilih Pilkada 2020 pada hari ini, Kamis (25/2/2021).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan bahwa sebanyak tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik tersebut.

“Sumbar, Kepri, dan Bengkulu ,” katanya kepada awak media, Kamis (25/2/2021).

Gubernur-Wakil Gubernur Sumatra Barat yang akan dilantik adalah Mahyeldi dan Audy Joinaldy. Gubernur-Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dan Marlin Agustina, dan pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah-Rosjonsy.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kepri TS Arif Fadillah mengatakan ia mendapat informasi pelantikan dari Kemendagri pada Rabu (24/2/2021).

Menurut Arif, Presiden Joko Widodo rencananya melantik Ansar-Marlin di Istana Negara, Jakarta, pukul 09.30.

Rabu sore, Gubernur dan Wagub Kepri terpilih bersama Pj Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kepri akan berangkat menuju ke Jakarta untuk persiapan pelantikan.

Kemendagri menyatakan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk melakukan bio tes Covid-19 antigen di Rumah Sakut Gatot Subroto.

Sebagai gambaran, hasil rekapitulasi KPU Kepri menyatakan Ansar-Marlin sebagai pemenang Pilkada Kepri 2020. Petahana Isdianto tumbang di tangan pemain lama yang lebih berpengalaman menjaring suara pemilih di Kepri.

Paslon terpilih ini meraup 308.553 suara atau 39,97 persen. Ansar-Marlin diusung empat partai; Golkar, Nasdem, PAN dan PPP. Total kursinya paling banyak, 17 kursi.

(Can)

Baca Juga:

BAGIKAN