Di Balik Hasil Pileg Batam: Dominasi Wajah Baru, Sejumlah Ketua Partai Kalah

hasil pileg batam 2024
Ilustrasi

Batam (gokepri) – Kejutan politik banyak muncul usai hasil rekapitulasi pemilihan calon legislatif Batam 2024. Banyak wajah baru hampir dipastikan melenggang ke DPRD. NasDem menyodok sebagai pemenang menggeser PDIP. Beberapa ketua partai yang jadi caleg gagal meraih kursi.

Komisi Pemilihan Umum Kota Batam sudah menyelesaikan pleno rekapitulasi suara pada Kamis dini hari, 7 Maret 2024. Meski molor dari jadwal 5 Maret 2024, namun hasil pleno sudah dibawa menyeberang ke Tanjungpinang untuk pleno tingkat provinsi.

Dari data form D, sudah bisa hampir dipastikan siapa saja caleg yang akan duduk di DPRD Batam lima tahun ke depan. Termasuk memetakan persaingan menuju pemilihan walikota Batam 2024 dan soal tiket pencalonan berdasarkan perolehan kursi partai. Dari 50 nama peraih suara terbanyak, seperti apa fakta-faktanya dan maknanya bagi publik?

Baca Juga: 

Berikut rangkuman fakta-fakta hasil Pileg Batam 2024 berdasarkan hasil pleno oleh KPU:

1. Separuh Anggota DPRD Batam Wajah Baru

Dari 50 nama caleg yang dipastikan meraih kursi, separuh atau 25 nama adalah wajah baru. Berdasarkan catatan gokepri, 43 petahana maju lagi. Artinya ada 18 anggota DPRD Batam sekarang gagal terpilih lagi.

Meski begitu, jumlah wajah baru pada Pileg 2024 sama dengan Pileg 2019. Dari 25 nama wajah baru, ada beberapa nama anak muda hingga ketua partai. Jelvin Tan misalnya, berusia 28 tahun dan kelahiran Batam. Ia caleg NasDem, berprofesi sebagai advokat dan putra kandung dari Lik Khai. Ada pula Novelin Sinaga yang lebih muda lagi, 24 tahun. Perempuan, kelahiran Batam, dan caleg Golkar. Keduanya meraih kursi dari dapil Batam 1 Lubukbaja-Batam Kota dan sama-sama baru pertama kali terjun ke kontestasi pemilu.

Di dapil ini, ada pula wajah baru dari kalangan ketua partai politik. Mereka adalah Surya Makmur Nasution, Ketua PKB Batam dan Sony Christanto, Ketua PSI Batam. Di dapil 6 Sekupang-Belakangpadang, ada Ketua PKN Batam, Muhammad Rizky Aji Perdana.

Adapula nama mantan komisioner KPU Batam dan Bawaslu Batam, Mangihut Rajagukguk. Ia menyodok sebagai caleg PDIP dengan suara terbanyak di Batam 1, mengalahkan Putra Respaty, petahana sekaligus putra dari Ketua DPD PDIP Kepri, Soerya Respationo.

Berikut nama-nama wajah baru DPRD Batam 2024-2029 berdasarkan dapil:

Dapil 1 Lubukbaja-Batamkota

  • Jelvin Tan (NasDem)
  • Mangihut Rajagukguk (PDIP)
  • Anang Adhan (Gerindra)
  • Novelin Sinaga (Golkar)
  • Surya Makmur (PKB)
  • Sony Christanto (PSI)

Dapil 2 Bengkong-Batuampar

  • Setia Putra Tarigan (Gerindra)
  • Ruslan Sinaga (Hanura)

Dapil 3 Nongsa-Seibeduk-Galang dan Bulang

  • Putra (NasDem)
  • Jimmy Simatupang (PDIP)
  • Azwar Anas (Gerindra)
  • Walfentius Tindaon (Golkar)
  • Jimmy Siburian (Golkar)
  • Hery Herlangga (PAN)

Dapil 4 Sagulung

  • M Dycho Barcelona (NasDem)
  • Jamson Silaban (PDIP)
  • Banyu (Gerindra)
  •  Amirsyah (PKB)
  • Umi Kalsum (PKB)

Dapil 5 Batuaji

  • Tappis Siahaan (PDIP)
  • Warya Burhanudin (PKS)

Dapil 6 Sekupang-Belakangpadang

  • Yefri (NasDem)
  • Aweng Kurniawan (Gerindra)
  • Sulaiman (PKS)
  • M Rizky Aji Perdana (PKN)

2. Ketua Partai Politik Gagal Raih Kursi

Tak semua ketua partai politik di Batam berhasil meraih kursi. Ketua Demokrat Batam Muhammad Al Ichsan gagal meraih kursi di dapil 6 Sekupang-Belakangpadang. Bahkan, Demokrat tak dapat kursi dari dapil ini. Sebagai catatan, Ichsan terpilih sebagai Ketua DPC Demokrat Batam sejak Juli 2022.

Nama lain yang gagal ada nama Iwan Krisnawan, Ketua Hanura Batam. Ia kembali maju lewat dapil 1 Batamkota-Lubukaja.

Kemudian Ketua Gelora Batam Riky Indrakari yang maju di dapil Batam 6. Riky adalah mantan politis PKS. Ia pernah duduk di DPRD Batam periode 2014-2019. Berikutnya Ketua Perindo Batam Albert Gultom yang maju di dapil Batam 5 Batuaji.

Sedang ketua partai yang dipastikan meraih kursi adalah Ketua PKB Batam Surya Makmur Nasution (dapil 1), Ketua PSI Batam Sony Christanto (dapil 1), Ketua PDIP Batam Nuryanto (dapil 2), Ketua Golkar Batam Muhammad Yunus Muda (dapil 2), dan Ketua PAN Batam Safari Ramadhan (dapil 5). Selain Surya Makmur dan Sony, sisanya adalah petahana.

3. NasDem Menggeser PDIP

Kursi DPRD Batam lima tahun ke depan didominasi caleg NasDem. Partai Surya Paloh ini menggeser PDIP pada pemilihan 2024, sebagai peraih kursi terbanyak. NasDem menyodok dengan perolehan 10 kursi, naik dari tujuh kursi pada pileg 2019.

Sedangkan PDIP berkurang satu kursi dari delapan kursi menjadi tujuh kursi. Kursi yang hilang ada di Batam Kota-Lubukbaja atau Batam 1. PDIP pada Pileg 2019 meraih dua kursi. Pada Pileg 2024, kursinya diraih wajah baru Mangihut Rajagukguk. Pada Pileg 2019, dua kursi dari dapil ini diperoleh Putra Respaty dan Thomas Aritha Sembiring. Keduanya gagal meraih kursi pada 2024.

Sebagai catatan, ada juga kursi yang hilang ada di dapil Batam 2 Bengkong-Batuampar. Setiap pemilihan, PDIP mendapat dua kursi dari dapil ini. Namun pada 2024, alokasi kursi dapil ini dikurangi oleh KPU dari delapan kursi menjadi tujuh kursi karena perubahan jumlah penduduk. Hanya Nuryanto yang mewakili PDIP dari dapil ini. Udin P Sihaloho yang sudah duduk tiga periode atau 15 tahun, gagal meraih kursi.

Namun kursi PDIP bertambah dari satu kursi menjadi dua kursi di dapil 4 Sagulung. Kursinya diraih Dandis Rajagukguk dan Jamson Silaban.

Jika dibandingkan dengan Pileg 2019, bukan hanya NasDem yang kursinya bertambah. Gerindra bertambah menjadi tujuh kursi dari enam. PKS menjadi enam kursi dari lima. PKB menjadi empat kursi dari tiga.

Partai yang kursinya berkurang yakni Golkar dari tujuh kursi menjadi enam. PAN dari lima kursi jadi tiga. Demokrat dari tiga kursi jadi dua. Hanura dari empat kursi jadi dua. Sedang PSI dan PPP jumlah kursinya tetap sama.

Sementara Partai Kebangkitan Nusantara secara mengejutkan meraih satu kursi yang diraih ketua pimpinan cabang PKN Batam, Muhammad Rizky Aji Perdana di dapil 6.

Sebagai peraih kursi terbanyak, NasDem hampir dipastikan memimpin DPRD Batam dengan kursi Ketua DPRD. Kursi ketua DPRD periode 2019-2024 dikuasai PDIP. Partai ini kemungkinan mendapat kursi wakil ketua.

4. Hanya NasDem yang Bisa Mengusung Calon Walikota Sendiri

Gelaran Pilkada masih delapan bulan lagi pada 26 November 2024. Namun usai Pemilu 2024, bursa pilwako sudah beriak. Termasuk pemetaan dari jumlah kursi dan sinyal dari beberapa tokoh. Lantas bagaimana dilihat dari alokasi kursi di DPRD Batam?

Dari perolehan kursi DPRD Batam 2024, NasDem menjadi satu-satunya partai politik yang bisa mengusung pasangan calon walikota-wakil walikota Batam sendiri tanpa perlu koalisi dengan partai lain. Hal ini mengacu syarat ambang batas pencalonan pilkada. Syaratnya partai politik pemilu meraih perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD.

Jumlah kursi NasDem berdasarkan pleno oleh KPU Batam adalah 10 kursi. NasDem sudah memenuhi ambang batas 20 persen yakni 10 kursi dari 50 kursi DPRD Batam. Mereka bisa memberi tiket untuk mengusung calon walikota-wakil walikota tanpa perlu ikut dansa politik dengan partai lain.

NasDem, pada Pilwako Batam 2020, mengusung kadernya sendiri yakni Muhammad Rudi-Amsakar Achmad. Mereka menang. Rudi sudah menjabat dua periode. Ia diprediksi maju pemilihan gubernur Kepulauan Riau. Sedangkan Amsakar akan bersaing di pemilihan walikota Batam. Nama terakhir dikabarkan menimbang opsi jalur independen.

5. 50 Caleg yang Hampir Dipastikan Duduk di DPRD Batam

Berikut nama-nama caleg yang bakal mendapat kursi. Calegnya berdasarkan daerah pemilihan:

Batam Dapil 1 (Lubuk Baja-Batam Kota)

1. Jelvin Tan (Nasdem)
2. Taufik Ace (Nasdem)
3. Mangihut Rajagukguk (PDIP)
4. Ahmad Surya (Gerindra)
5. Anang Adhan (Gerindra)
6. Hendra Asman (Golkar)
7. Novelin Sinaga (Golkar)
8. Suryanto (PKS)
9. Biyanto (PAN)
10. Surya Makmur (PKB)
11. Sahat Tambunan (Demokrat)
12. Sony Christanto (PSI)

Batam Dapil 2 (Bengkong-Batuampar)

1. Kamarudin (Nasdem)
2. Asnawati Atiq (Nasdem)
3. Nuryanto (PDIP)
4. Setia Putra Tarigan (Gerindra)
5. Yunus Muda (Golkar)
6. Siti Nurlailah (PKS)
7. Ruslan Sinaga (Hanura)

Batam Dapil 3 (Nongsa, Seibeduk, Galang dan Bulang)

1. Kamaluddin (Nasdem)
2. Putra (Nasdem)
3. Jimmy Simatupang (PDIP)
4. Azwar Anas (Gerindra)
5. Walfentius Tindaon (Golkar)
6. Jimmy Siburian (Golkar)
7. M. Mustofa (PKS)
8. Hery Herlangga (PAN)
9. Yunus (Demokrat)

Batam Dapil 4 (Sagulung)

1. M. Dycho Barcelona (Nasdem)
2. Jamson Silaban (PDIP)
3. Dandis Rajaguguk (PDIP)
4. Banyu (Gerindra)
5. Joko Mulyono (Golkar)
6. M. Syafei (PKS)
7. Amirsyah (PKB)
8. Umi Kalsum (PKB)
9. Fadhli (PPP)

Batam Dapil 5 (Batuaji)

1. Arlon Veristo (Nasdem)
2. Tappis Siahaan (PDIP)
3. M. Rudi (Gerindra)
4. Warya Burhanudin (PKS)
5. Safari Ramadhan (PAN)
6. Tumbur Hutasoit (Hanura)

Batam Dapil 6 (Sekupang-Belakangpadang)

1. Rival pribadi (Nasdem)
2. Yefri (Nasdem)
3. Budi Mardianto (PDIP)
4. H. Aweng (Gerindra)
5. Sulaiman (PKS)
6. Hendrik (PKB)
7. Muhammad Rizky Aji Perdana (PKN)

***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN