Waspada Hujan Lebat dan Potensi Puting Beliung di Tanjungpinang

Angin puting beliung hantam salah stau rumah warga di Batu Lipai.

Tanjungpinang (gokepri) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang memprediksi cuaca di Tanjungpinang selama tiga hari ke depan akan dilanda hujan ringan hingga lebat disertai potensi angin puting beliung.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Vivi Putrima Ardah, menjelaskan hujan dengan potensi angin kencang dan petir ini disebabkan oleh pertumbuhan awan yang cepat.

Baca Juga:

Meski awan konvektif berkembang pesat, Vivi menuturkan bahwa pertumbuhannya tidak meluas dan tidak terlalu cepat sehingga hujan yang terjadi tidak merata.

“Durasi hujan akibat pertumbuhan awan ini kurang lebih 30 menit hingga 1 jam dan tidak terjadi merata di Pulau Bintan,” jelasnya, Kamis (16/5/2024).

Vivi menambahkan, pertumbuhan awan konvektif jenis Cumulonimbus ini berpotensi menimbulkan angin puting beliung atau waterspout di beberapa wilayah di Kepri.

“Awan tersebut dapat menghasilkan hembusan angin yang cukup kuat meskipun bersifat sesaat, sehingga juga berpotensi menyebabkan terbentuknya gelombang tinggi di wilayah setempat,” paparnya.

Oleh karena itu, Vivi mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. “Waterspout berpotensi terjadi di perairan. Untuk di Tanjungpinang dan Bintan, seperti di sekitar Perairan Dompak dan Perairan Pantai Trikora,” jelasnya.

Meskipun demikian, Vivi menyebutkan bahwa kondisi ini tidak terlalu berdampak terhadap potensi banjir di wilayah pesisir mengingat pasang yang terjadi bukan puncak pasang tertinggi dalam satu bulan ini.

Penulis: Engesti Fedro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN