Survei Pilkada Batam 2024: Marlin Unggul, Amsakar Tertinggal

survei pilkada batam 2024
Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina. Foto: Gokepri.com/Engesti

Batam (gokepri) – Lembaga Survei Konsepindo merilis hasil survei elektabilitas bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam 2024. Hasilnya, Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina unggul dari Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.

Survei Konsepindo dilakukan pada 5-11 Maret 2024 terhadap 600 responden warga Kota Batam yang berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Berdasarkan temuan survei kami, per Maret 2024, Marlin Agustina adalah kandidat terkuat sebagai calon Wali Kota Batam 2024 dengan elektabilitas 38,9 persen. Di bawahnya ada Amsakar Achmad dengan 31,1 persen, sedangkan nama lain masih di bawah 4 persen,” kata peneliti Konsepindo Aldo Serena, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga:

Aldo menjelaskan, tidak mengherankan jika Marlin Agustina menjadi kandidat terkuat. Marlin dikenal aktif turun ke masyarakat dan terlibat dalam pemberdayaan perempuan dan keluarga.

Sebagai Ketua Penggerak PKK Kota Batam, Marlin dekat dengan para ibu. Selain itu, sebagai istri Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Marlin sering turun bersama menyaksikan perencanaan, pelaksanaan, dan peresmian pembangunan Kota Batam.

“Posisi Marlin Agustina tersebut merupakan modal kuat dan keunggulan nyata dibandingkan pesaingnya,” kata Aldo.

Pengalaman Marlin sebagai Wagub Kepri dan perannya dalam mengantarkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang di Kepri pada Pilpres 2024 menjadi modal penting untuk mendongkrak elektabilitasnya.

Baca Juga: 

Sementara itu, Amsakar, yang merupakan petahana Wakil Wali Kota Batam, dirugikan dengan adanya perhelatan pileg-pilpres 2024. Konsentrasi publik lebih fokus ke pilpres dan pileg, sehingga sosialisasi pilkada terkesampingkan.

Akibatnya, kata Aldo, Amsakar kesulitan meningkatkan elektabilitasnya. Baru setelah pemilu selesai, Amsakar bisa fokus sosialisasi kembali.

Aldo menilai, jika Marlin Agustina terus konsisten bergerak dan meyakinkan publik bahwa estafet kepemimpinan di Batam lebih tepat dilanjutkan olehnya, maka peluangnya untuk memenangkan Pilwakot Batam cukup tinggi.

Untuk diketahui, Lembaga Konsepindo terdaftar di KPU RI sebagai penyelenggara survei dan quick count Pemilu 2024. Konsepindo juga anggota Persepi, asosiasi lembaga survei terbesar di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: DETIK

BAGIKAN