Surat Suara Banyak Rusak, KPU Kepri Usulkan Pergantian

jadwal pilkada serentak 2024
Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi. Foto: ANTARA

Tanjungpinang (gokepri) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri mengusulkan pergantian surat suara yang rusak ke KPU pusat.

Ketua KPU Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi mengatakan, sampai saat ini KPU Kepri masih terus mendata surat suara rusak karena proses pelipatan masih berjalan.

“Masih kami hitung dulu karena belum ada data pasti yang rusaknya berapa banyak di seluruh Kabupaten Kota,” kata Indrawan saat dihubungi, Minggu 14 Januari 2024.

Baca Juga: KPU Tanjungpinang Pastikan Tidak Ada Surat Suara Tercoblos

Ia menyebut, meski ada laporan kerusakan surat suara, tapi persentase kerusakan masih dibawah 1 persen dari total surat suara sebanyak 1,5 jutaan surat suara. Usai pelipatan surat suara pihaknya akan mendata dan menyusulkan untuk diganti.

“Dari 1,553,394 juta surat suara, hanya 0,sekian persen. Jadi tidak sampai 1 persen,” ucapnya.

Menurutnya, jika setelah surat suara rusak terdata maka pihaknya akan menyiapkan regulasi untuk melakukan penggantian surat suara yang rusak.

“Nanti akan kami input di Silog agar menjadi tanggungjawab penyedia untuk memenuhi kekurangan surat suara,” ujarnya.

Ia menilai, jika surat suara untuk Caleg DPR RI perwakilan Kepri, DPRD Kepri, maka akan menjadi tanggungjawab dari KPU Kepri. Kecuali surat suara Capres dan Cawapres.

“Kalau yang untuk Capres dan Cawapres, menjadi tanggungjawab dari KPU RI. Kami hanya melaporkan jumlah yang rusak ke pusat,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN