Sebelum Membeli Rumah di 2023, Ini Langkah Pertama yang Penting

membeli rumah di 2023
Ilustrasi. Sebelum membeli rumah di 2023, lakukan langkah pertama yang penting. Foto: Pixabay.

BATAM (gokeprui.com) – Jika salah satu resolusi Anda di tahun 2023 ini adalah membeli rumah, pastikan niat Anda sudah mantap. Tidak ada salahnya jika Anda simak langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membeli rumah berikut ini.

Founder Finansialku Melvin Mumpuni dalam keterangan persnya membagikan tips dalam membeli properti atau rumah di tahun 2023, salah satunya dengan menehatkan dulu kondisi keuangan.

“Apapun kondisi yang akan terjadi di negara kita, kalau kita sudah siap dan aman secara keuangan, kita jadi jauh lebih tenang,” ujarnya, belum lama ini.

Melvin mengatakan ada sebuah framework untuk memprioritaskan keuangan yaitu piramida perencanaan keuangan Finansialku.

Di piramida paling bawah ada yang namanya pondasi keamanan keuangan meliputi cash flow, dana darurat, pinjaman dan manajemen risiko.

Bentuknya macam-macam bisa rekening, deposito, emas, asurasi jiwa dan asuransi kesehatan. Pondasi keamanan ini harus terpenuhi lebih dahulu barulah menuju tahap investasi.

“Saran saya pertama adalah kita harus sehat dulu secara keuangan. Karena kalau sudah sehat secara keuangan, kita lebih pede mau beli rumah,” ujar Melvin.

Setelah pondasi keamanan terpenuhi cari dan manifestasikan rumah. Misalnya melalui website kemudian mendatangi langsung rumah yang diinginkan.

“Believe it or not, ada rumah dengan harga tertentu yang bikin penasaran, coba deh kita datengin aja. Iseng (aja datangi dulu), lalu kita memanifestasikan,” ujarnya.

Dengan mendatangi rumah contoh dan membayangkan semua sudut di rumah tersebut, menjdai bentuk seseorang memanifestasikan keinginan dan rencananya untuk membeli rumah.

Jika ingin membeli dengan cara dicicil, Anda harus menghitung dan melakukan simulasi DP dan cicilan.

“Pastikan Anda mengerti menghitungannya dan rutin investasi setiap bulan, jangan bolong-bolong dan konsisten saja. Kalau sudah, lalu di-review berkala sebulan sekali. Terus, beli deh rumah atau propertinya. Jadi se-simple itu,” ujar Melvin.

Baca Juga: Pertimbangan sebelum Membeli Rumah di Lokasi Strategis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN