PPDB SMPN 43 Batam Terima 9 Lokal

PPDB SMPN 43 Batam
Sudirman, SPd, Ketua Panitia PPDB SMPN 43 Batam. (Foto: Gokepri/Aat)

Batam (gokepri) – Dinas Pendidikan Kota Batam telah menjadwalkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP untuk tahun ajaran 2021/2022. Pelaksanaan pendaftaran PPDB ini akan dibuka pada tanggal 16 Juni hingga 23 Juni 2021 mendatang secara online.

Namun Disdik juga membuka PPDB SMP ini dilakukan secara offline (luring) dengan penerapan protokol kesehatan ketat, khusus bagi sekolah yang berada di hinterland yang tidak ada jaringan internet.

Sementara pengumuman penetapan peserta PPDB SMP ini, ditetapkan pada 26 Juni 2021, dan daftar ulang dilakukan di sekolah pada 28 hingga 30 Juni 2021 mendatang.

Saat ini Panitia PPDB di sekolah tengah sibuk mempersiapkan operator PPDB yang akan siaga memasukkan data calon siswa nanti yang mendaftar online.

Seperti kesibukan tengah dilakukan SMPN 43 Batam, baik pemasangan spanduk persyaratan PPDB di depan pintu gerbang sekolah, hingga mensosialisasikan melalui website sekolah maupun medsos.

Menurut Ketua PPDB SMPN 43 Batam, Sudirman SPd, sekolahnya tahun ini telah menyiapkan kuota bagi siswa baru sebanyak 9 lokal. Dengan formasi perkelas hanya diisi 36 siswa sesuai aturan dari pihak Kemendikbud. Berbeda kuota PPDB pada tahun lalu hanya disediakan 7 lokal saja.

“Untuk informasi PPDB ini kami telah memasang spanduk persyaratan apa saja yang perlu disiapkan masyarakat saat mendaftar online. Dan PPDB kita dibuka tanggal 16 Juni dilakukan secara online,” ujar Sudirman, kemarin lalu.

Sementara bila nanti yang mendaftar melebihi kuota yang ditetapkan, kata Sudirman, maka pihak sekolah akan memaksilkan kuota yang ada. Yakni semula dipola hanya 36 siswa perkelasnya, bisa saja menjadi 40 siswaan perkelasnya.

“Ini mungkin solusi yang akan kami terapkan nanti, karena PPDB tahun ini zona SMPN 43 Batam bertambah, kemarin hanya 4 kelurahan sekarang menjadi 5 kelurahan,” katanya.

Terkait masalah PPDB dihadapi pada tahun lalu, lebih kepada gangguan server banyak orang tua yang tidak bisa mengakses. Namun tahun ini bagi masyarakat yang mengalami kesulitan atau kurang paham dalam pendaftaran online, maka sekolah menyiapkan 2 orang operator untuk menginput membantu pendaftaran.

“Meski dibantu pendaftaran online tapi orang tua tak perlu ke sekolah cukup mengirimkan data dan scan saja KTP/KK dikirim lewat WA yang telah dicantumkan di dalam pengumuman PPDB tersebut,” ucapnya lagi. (aat)

|Baca Juga Topik PPDB 2021:

BAGIKAN