Website PPDB Sempat Down, Ini Solusi Pemko Batam

Tanjungpinang belajar tatap muka
Siswa SMPN 11 Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang, Kepri melalukan uji coba belajar tatap muka di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan. (ANTARA/Ogen)

Batam (gokepri.com) – Website pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Batam ppdbbatam.id sempat mengalami down saat awal dibuka. Banyak masyarakat yang mengeluhkan terjadinya masalah tersebut.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengimbau masyarakat untuk tidak risau terkait adanya permasalahan tersebut. Dinas Pendidikan (Disdik) saat ini sudah membuat dua website alternatif.

“Jangan risau, karena waktunya masih panjang, sampai 15 Juni 2021,” kata Amsakar, Rabu (9/6/2021).

Website PPDB sebelumnya memang sempat mengalami down, karena banyaknya jumlah pengunjung yang bersamaan mengakses website tersebut. Karena itu dengan adanya penambahan dua website tambahan diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses kembali laman PPDB di jam yang berbeda. Karena itu pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak khawatir jika belum dapat masuk ke website PPDB online.

“Namun yang jelas suda ada dua link yang baru yaitu svr2.ppdbbatam.id dan svr3.ppdbatam.id,” ujarnya.

Terkait kuota Amsakar juga memastikan bahwa jumlah siswa yang lulus sekolah dengan rencana jumlah daya tampung di setiap sekolah dipastikan tidak ada kekurangan. Baik itu jumlah sekolah swasta ataupun sekolah negeri.

Untuk sekolah dasar (SD) diperkirakan sebanyak 338 rombongan belajar dan rencana daya tampung (RDT) sebanyak 12.128 peserta didik baru. Kemudian untuk jalur zonasi diperkirakan sebanyak 9.746 siswa, afirmasi 1860 siswa dan perpindahan 518 siswa.

Sementara sekola menengah pertama (SMP) diperkirakan rombel sebanyak 317 dan RDT sebanyak 11.420. Kemudian jalur zonasi sebanyak 5.710 siswa, afirmasi 1.732 siswa dan perpindahan sebanyak 534 siswa.

(ard)

BAGIKAN