Penjelasan KPU soal Posisi Ganjar Berada di Tengah saat Debat Ketiga

Debat capres ketiga
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan), dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat adu gagasan dalam Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jakarta (gokepri) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa posisi calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berada di tengah saat debat ketiga Pilpres 2023 menyesuaikan dari urutan pertama kandidat yang memaparkan visi-misi.

“Kan sesuai urutan atau giliran. Debat perdana kan satu, dua, tiga. Terus kemudian debat kedua kan kesempatan berikutnya kan, urutannya sesuai dengan kesepakatan pertama bicara,” ujar Hasyim usai debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Minggu (7/1) malam.

“Ketika tadi kesempatan bicara kan, ya begitu. Jadi menatanya posisi karena sesuai dengan giliran atau urutan bicara pertama dan itu disepakati dalam pembicaraan dengan tim paslon,” sambungnya.

Baca Juga: 

Untuk diketahui, dalam debat ketiga ini posisi capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berada di tengah. Sementara di sisi kiri berdiri capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan di kanan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Saat debat perdana, posisi capres berdiri sesuai dengan urutan dari nomor urut pasangan calon begitu pun saat debat kedua. Namun, di debat pertama posisi Anies tidak berada di tengah.

Hasyim menjelaskan posisi berdiri capres juga hasil kesepakatan dari masing-masing tim pasangan calon. Oleh karena itu, posisi Ganjar yang berada di tengah sudah didasari atas kesepakatan KPU bersama tim pasangan calon dalam rapat bersama. “Dalam pembicaraan dalam tim paslon disepakati begitu,” pungkas Hasyim.

KPU RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu pukul 19.00 WIB.

Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023. Rangkaian debat capres/cawapres dijadwalkan masih berlangsung dua kali lagi, yakni 21 Januari 2024 dan 4 Februari 2024.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN