Pemprov Kepri Alokasikan Rp40 M untuk Penanganan Covid-19

Plt Gubernur H Isdianto dicek suhu tubuhnya sebelum masuk ruang kerjanya di Graha Kepri, Batam, Kamis (26/3). HUMAS PEMPROV KEPRI

Batam (gokepri.com)- Plt Gubernur H Isdianto mengatakan Pemprov Kepri memgalokasikan anggaran hingga Rp40 miliar untuk penanganan dan pencegahan wabah Covid-19. Untuk memenuhi angka itu, sejumlah kegiatan akan dialihkan, salah satunya memotong anggaran perjalanan dinas, beberapa rapat koordinasi, pelatihan-pelatihan dan sejumlah kegiatan yang bisa ditangguhkan.

“Berapapun kebutuhan untuk penanggulangan dan pencegahan wabah Covid-19 akan kita penuhi. Sementara ini kita alokasikan Rp40 miliar untuk seluruh Kepri,” kata Isdianto di ruang kerjanya Graha Kepri, Batam, Kamis (26/3/2020).

Isdianto sudah memerintahkan Sekdaprov H TS Arif Fadillah untuk melakukan pergeseran untuk dialokasikan bagi penanggulangan dan pencegahan Covid-19. Pilihan pertama adalah memangkas perjalanan dinas seluruh OPD, beberapa acara yang bisa ditunda. Setelah itu pada kegiatan- kegiatan yang bisa ditangguhkan. TAPD Pemprov pun sudah melalukan rapat dengan Banggar DPRD Kepri.

“Tentu harus tetap berpedoman pada aturan. Terutama Permendagri terbaru dalam mengalokasikan anggaran untuk Covid-19,” kata Isdianto.

Isdianto menambahkan, dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo pekan ini, perintah relokasi APBD untuk penanganan Covid-19 menjadi prioritas. Isdianto pun meminta pemerintah kabupaten dan kota juga mengalokasikan anggaran penanganan ini. Sehingga bisa secara bersama-sama memenuhi pembiayaan untuk penanganan Covid-19. (acp)

BAGIKAN