Pembatasan Kegiatan Masyarakat Diperpanjang Lagi Hingga 8 Februari

Aktivitas di bandara sepi di masa pandemi
Aktivitas di bandara sepi di masa pandemi

Jakarta (gokepri.com) – Pemerintah bakal memperpanjang lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pertama yang akan selesai 25 Januari. Dalam rapat terbatas hari ini, Kamis (21/1/2021), PPKM akan diperpanjang selama 2 minggu lagi. Begitu pula dengan pelarangan masuk WNA ke Indonesia.

“Sesuai dengan hasil ratas (rapat terbatas) tadi, Bapak Presiden sudah menyetujui bahwa PPKM untuk diperpanjang selama 2 minggu,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Perpanjangan PPKM itu akan mulai dari tanggal 26 Januari sampai 8 Februari. Menurut Menko Airlangga, melihat data-data yang ada bahwa di 7 provinsi masih ada beberapa yang mulai turun. Tapi kurvanya belum turun ke bawah di beberapa tempat sehingga PPKM diperpanjang.

PPKM tahap pertama dilakukan dari 11 hingga 25 Januari 2021. Dalam perpanjangan masa PPKM tersebut ada yang mengalami perubahan, seperti perubahan jam operasi mal dan restoran.

Airlangga mengatakan ada perubahan, yaitu di sektor mal dan restoran yang sebelumnya dibatasi jam buka sampai pukul 19.00 WIB. Karena ada beberapa daerah yang agak flat, maka ini diubah menjadi sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Berikut ini aturan PPKM yang diterapkan pemerintah. Pertama, membatasi tempat/kerja perkantoran dengan menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 75%, dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat. Kedua, melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring/online.

Ketiga, untuk sektor esensial yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat, tetap dapat beroperasi 100%, dengan pengaturan jam operasional dan kapasitas, serta penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Keempat, mengatur pemberlakuan pembatasan kegiatan restoran (makan/minum di tempat) sebesar 25% dan untuk layanan makanan melalui pesan-antar/dibawa pulang tetap diizinkan sesuai dengan jam operasional restoran. Adapun pembatasan jam operasional untuk pusat perbelanjaan/mal sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Rencana PSBB Batam Gagal, Karantina Wilayah Jadi Pilihan

Kelima, mengizinkan kegiatan konstruksi beroperasi 100% dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Keenam, kegiatan di tempat ibadah tetap dapat dilaksanakan, dengan pembatasan kapasitas sebesar 50%, dan dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Ketujuh, kegiatan di fasilitas umum dan kegiatan sosial budaya dihentikan sementara. Kedelapan, dilakukan pengaturan kapasitas dan jam operasional untuk transportasi umum.

Dalam ratas tersebut juga dinyatakan pelarangan WNA masuk ke Indonesia akan diperpanjang 2 minggu lagi, yakni mulai 26 Januari hingga 8 Februari. (wan)

BAGIKAN