INFOGRAFIS: Perbandingan Skala Pemilu di AS

Pemilu AS
Ilustrasi. (Foto: Pinterest)

Batam (gokepri.com) – Pemilihan umum (Pemilu) presiden AS sebentar lagi. Dengan 214.109.367 pemilih terdaftar, hajatan politik di AS menjadi yang kedua terbesar di muka bumi.

Yang terbesar tetap pemilihan di India. Menurut Institute for Democracy and Electoral Assistance yang merangkum pemilih terdaftar dan jumlah pemilih dalam pemilihan di seluruh dunia, mencatat ada 910,5 juta orang yang memberikan suara selama pemilihan umum India tahun lalu.

Jumlah pemilih India yang memberikan suara hampir tiga kali lipat dari jumlah seluruh penduduk AS. Pemungutan suara harus dibagi selama 6 minggu di 2 negara bagian dan wilayah persatuan negara dengan 91 daerah pemilihan. Prosesnya panjang.

Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan pemilihannya mendekati skala AS. Pada Pilpres 2019 di Indonesia ada 192,9 juta warga negara Indonesia yang memberikan suara.

Seperti di India, pemilu Indonesia adalah hajatan yang sangat kompleks, tersebar di 17.000 pulau, mencakup sekitar 809.500 TPS dan seperempat juta kandidat yang memperebutkan lebih dari 20.500 kursi.

Sementara Pemilu Brasil dibagi menjadi dua putaran dan mirip Indonesia dalam dengan hampir 147 juta orang terdaftar untuk memberikan suara pada Oktober 2018 ketika Jair Bolsonaro terpilih sebagai presiden.

Di tempat lain, beberapa pemilu terbesar di dunia dapat ditemukan di Rusia, Pakistan, Bangladesh, dan Jepang yang semuanya mengadakan kontes besar dengan setidaknya 100 juta pemilih terdaftar.

 

(Can)

Baca Juga: 

 

 

BAGIKAN