Anambas Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2020

pilkada anambas 2020
Kantor KPU Anambas. (foto: KPU Anambas)

Anambas (gokepri.com) – Pemkab Anambas dan KPU memastikan kabupaten terluar Indonesia ini sudah siap melaksanakan Pilkada serentak 9 Desember tahun 2020. Masyarakat kabupaten ini akan memilih bupati dan wakil bupati Anambas serta gubernur dan wakil gubernur Kepri.

Pjs Bupati Anambas Eko Sumbaryadi menyampaikan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Anambas telah melaksanakan berbagai tahapan pilkada serentak di Anambas.

“Kegiatan yang sedang dilaksanakan KPU Anambas saat ini, di antaranya mempersiapkan tahapan kampanye paslon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas Tahun 2020, melakukan persiapan logistik serta persiapan pelaksanaan tes cepat kepada Badan Ad-hoc,” ujar Eko di Anambas, Minggu (29/11/2020).

Sedangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, dalam mendukung persiapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020, yaitu dengan menyediakan dana kegiatan belanja hibah pilkada.

Dia mengatakan hibah ini diberikan untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada 2020 agar tercipta kelancaran serta keamanan dalam penyelenggaraan tersebut.

Adapun hibah yang disalurkan untuk KPU sebesar Rp14,22 miliar, dan untuk Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) sebesar Rp7,20 miliar, untuk Kepolisian Negara RI Daerah Resor Kepulauan Anambas sebesar Rp3,5 miliiar, Komando Distrik Militer 0318/ Natuna sebesar Rp400 juta dan Pangkalan TNI AL Tarempa sebesar Rp250 juta.

“Semua sudah kita siapkan guna mewujudkan pilkada serentak yang aman dan sehat di Kepulauan Anambas. Semoga saja lancar sampai hari H,” ucap Eko.

Sementara itu, Ketua KPU Kepulauan Anambas Jufri Budi optimis partisipasi pemilih Pilkada serentak di daerah itu mencapai 80 persen atau di atas target nasional sebesar 77 persen.

Pihaknya terus mendorong masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2020, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Kami harus memastikan bahwa pilkada serentak ini aman dari COVID-19. Mulai dari petugas hingga TPS akan kita bekali dengan protokol kesehatan yang ketat guna memutus penyebaran virus,” katanya. (can/ant)

Editor: Candra Gunawan

|Baca Juga:

BAGIKAN