Sydney Dilanda Banjir Bandang Akibat Bendungan Meluap

sydney banjir bandang
Ilustrasi. Foto: Freepik.com

Ankara (gokepri.com) – Sydney, kota terbesar di Australia dilanda banjir bandang akibat meluapnya bendungan utama pada Sabtu 8 Juni 2024. Otoritas setempat mendorong upaya penyelamatan dan evakuasi di beberapa daerah dataran rendah.

Berdasarkan laporan media setempat SBS News, terdapat 13 upaya penyelamatan, pemerintah setempat juga menerima 297 permintaan bantuan dari penduduk Sydney selama 24 jam.

Layanan Darurat Negara Bagian New South Wales (SES) dalam pernyataannya mengatakan setidaknya 10 perintah evakuasi darurat dikeluarkan untuk wilayah pinggiran di barat laut kota tersebut.

Baca Juga: Seluruh Objek Wisata Pemandian di Lembah Anai Hilang Disapu Banjir Bandang

Masyarakat yang tinggal di tepi sungai diperingatkan akan risiko banjir setelah bendungan yang menyediakan 80 persen air minum di ibu kota tersebut mulai meluap setelah hujan lebat.

Meskipun luapan air dari Bendungan Warragamba, barat daya Sydney, telah melambat dan curah hujan telah mereda, namun risiko banjir masih tetap ada.

Penjabat komisioner SES Debbie Platz meminta masyarakat yang tinggal di tepi sungai untuk mengungsi atau bersiap terisolasi akibat banjir.

“Itu tidak berarti bahwa risikonya tidak ada karena apa yang akan kita alami sekarang adalah banjir sungai di banyak wilayah. Jika orang-orang tidak meninggalkan tempat, maka kami meminta mereka untuk bersiap mengalami isolasi selama beberapa hari,” kata Platz.

SBS News melaporkan luapan air mengalir melalui sistem Hawkesbury-Nepean, membuat sungai meluap meskipun curah hujan deras telah berkurang.

Hal ini menandai tiga bulan berturut-turut bendungan meluap. Air Sungai Hawkesbury naik menuju tingkat banjir besar di North Richmond pada Sabtu pagi, namun tampaknya mencapai puncaknya di bawah batas tersebut tak lama setelah pukul 8 pagi waktu setempat. ANTARA/Anadolu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN