Seluruh Objek Wisata Pemandian di Lembah Anai Hilang Disapu Banjir Bandang

Banjir bandang telah menyapu bersih seluruh objek wisata pemandian di sepanjang Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, Ahad, 12 Mei 2024. (tangkapan layar)

Padang (gokepri.com) – Banjir bandang atau galodo dari Gunung Marapi dan juga Gunung Singgalang di Sumbar tidak hanya meluluhlantakan pemukiman warga, rumah ibadah dan juga gedung sekolah.

Hantaman banjir bandang yang sangat dahsyat tersebut juga memutuskan sejumlah titik jalan nasional di kawasan Lembah Anai, Tanah Datar.

Bukan hanya memutus akses penghubung jalan Padang-Bukittinggi, namun banjir bandang juga telah menyapu bersih objek wisata pemandian yang berjejer di sepanjang jalan di kawasan Lembah Anai tersebut.

Objek wisata yang hilang tak berbekas disapu banjir bandang itu diantaranya pemandian Mega Mendung dan Alam Damai Wisata.

Melalui video yang diunggah Serda Bobby seorang Babinsa dari Koramil 05, Kecamatan X Koto, Lembah Anai, Distrik 0307 Tanah Datar melaporkan kondisi yang terjadi di sepanjang jalan Lembah Anai.

Bobby melaporkan bagaimana kondisi yang terjadi mulai dari objek wisata air mancur hingga berlanjut ke jembatan rel kereta api.

Objek wisata pemandian Mega Mendung Lembah Anai saat masih ada. (foto: Antara)

“Dapat kami laporkan kalau Cafe Xakapa sudah tak ada lagi karena dibawa oleh arus air tadi malam,” ujar Bobby.

Bobby kemudian melanjutkan penyusurannya melewati jalanan sepanjang Lembah Anai. Dia menyebut, Masjid Al Hidayah dan bangunan besi yang berada di sampingnya masih tetap utuh.

“Rumah Makan Berkah sudah tak ada lagi karena terbawa arus, yang ada hanya homestay dan Rumah Makan Manggung,” jelasnya.

Kemudian, Bobby terus melaporkan kondisi berikutnya kepada komandannya yang terjadi.

“Pemandian Mega Mendung dan juga Alam Damai Wisata juga sudah tak ada lagi,” bebernya.

Bobby menyebut, seluruh objek wisata pemandian yang ada di sepanjang jalan Lembah Anai sudah bersih disapu banjir bandang atau galodo.

“Semua pemandian sudah tak ada lagi disapu air bandang yang terjadi sejak tadi malam hingga pukul 02 dini hari,” pungkasnya.

Penulis: Ilfitra

BAGIKAN