Sepanjang April, 1000 Warga Batam Positif Corona

Kepala Dinas Kota Batam, Didi Kusmarjadi

Batam (gokepri.com) – Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Batam mengalami lonjakan dalam beberapa bulan terakhir. Satgas Penanganan Covid-19 mencatat ada tambahan sekitar 2000 kasus baru dalam empat bulan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam mengatakan penambahan jumlah kasus tertinggi pada April 2021 lalu. Ada sekitar 1000 kasus baru sepanjang bulan tersebut. Karena itu pengetatan protokol kesehatan pelu terus dilakukan.

“Kalau kita rata-ratakan sepanjang April itu setiap harinya ada 35 kasus baru,” kata Didi, Selasa (4/5/2021).

Terjadinya lonjakan jumlah kasus baru tersebut diduga karena mulai kendornya masyarakat yang menjalankan protokol kesehatan. Terutama penggunaan masker yang banyak diabaikan oleh masyarakat.

Selain itu, saat ini diperkirakan adanya varian baru virus corona yang penularannya lebih cepat dibandingkan dengan virus yang sebelumnya. Karena itu pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan.

“Masyarakat terus diimbau untuk untuk mematuhi protokol kesehatan atau jalankan 5M,” katanya.

Di antaranya, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona di masyarakat.

Data Covid-19 di Kota Batam saat ini total jumlah kasus positif sebanyak 7.399 orang, dari jumlah tersebut sebanyak 6.532 orang telah sembuh dan sebanyak 161 orang meninggal dunia. Sedangkan sisanya sebanyak 706 orang sedang dirawat.

(ard)

|Baca Juga : April Paling Gawat selama Pandemi

BAGIKAN