Nasdem Resmi Usung Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra Jadi Cawako-Cawawako Batam

amsakar li claudia
Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra. Grafis: gokepri/Candra Gunawan

BATAM (gokepri) – Nasdem resmi mengusung Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra menjadi calon walikota-calon wakil walikota Batam pada Pilkada 2024.

Amsakar Achmad sudah menerima surat rekomendasi yang berisi usulan nama calon walikota-calon wakil walikota Batam. Surat rekomendasi itu diterbitkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pada 2 Juli 2024.

Baca: Koalisi Prabowo di Pilwako Batam, Restu untuk Amsakar-Li Claudia

DPP memberi rekomendasi kepada Amsakar Achmad untuk maju sebagai calon Walikota Batam. Dalam surat rekomendasi itu, nama kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Li Claudia Chandra juga turut tertulis sebagai bakal wakil Walikota Batam. Li Claudia adalah Ketua DPC Gerindra Tangerang Selatan. Ia mendadak pulang kampung ke Kepulauan Riau untuk bertarung dalam Pilwako Batam.

Keduanya resmi mendapatkan rekomendasi sebagai pasangan calon untuk berkontestasi di Pilwako Batam. Surat rekomendasi DPP Nasdem tersebut bernomor 253-SI/RP/BPP-Nasdem/VII/2024.

Saat menerima rekomendasi tersebut, Amsakar menyebut juga didampingi oleh pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Kepri yaitu Khazalik dan Rival Pribadi.

“Alhamdulillah hari ini sekitar jam 3 (sore) saya menghadap ke DPP menjumpai Willy Aditya sekaligus menerima rekomendasi yang disampaikan DPP kepada saya dan Bu LCC (Li Claudia Chandra),” jelas Amsakar saat dihubungi, Selasa sore, 9 Juli 2024.

Dengan demikian, menurut Amsakar, rekomendasi dari DPP Partai Nasdem sudah final. Pihaknya juga mendapatkan arahan yang disampaikan oleh Sekretaris Bappilu DPP Nasdem, Willy Aditya, untuk terus solid bergerak dan menjaga hubungan dengan rekan partai.

Sebagai kader Partai Nasdem, Amsakar juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh atas rekomendasi yang diberikan kepadanya. Ia juga turut mengapresiasi partai-partai yang telah memberikan dukungan kepadanya.

Untuk diketahui, Nasdem meraup 10 kursi di DPRD Batam pada Pileg 2024. Mereka sebenarnya tidak perlu berkoalisi dengan partai lain karena bisa sendiri mengusung calon. Jumlah kursinya sudah memenuhi syarat ambang batas mengusung calon yang sebesar 20 persen dari total 50 kursi DPRD Batam.

Baca: Manuver Golkar Menggaet Amsakar, Li Claudia Mau Maju Pilkada Batam

Sebelumnya, pasangan Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra sudah lebih dulu mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Partai Golongan Karya (Golkar) juga tak ingin ketinggalan kereta untuk mengusung Amsakar Achmad-Li Claudia, meski hingga kini baru sekadar rekomendasi dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kepri.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Batam atas antusiasmenya mendukung kami dalam perjuangan ini,” ujarnya.

Jabatan Amsakar sekarang adalah Wakil Walikota Batam. Ia dua kali menang Pilkada Batam dengan menjadi pendamping Muhammad Rudi. Sebelum terjun ke politik, Amsakar pernah beberapa kali menjabat kepala dinas di Pemko Batam. Amsakar adalah kader Partai Nasdem. Ia menjabat Ketua DPD Nasdem.

Penulis: Muhammad Ravi

Baca: Peluang Marlin setelah Manuver Golkar-Gerindra Mengunci Amsakar-Li Claudia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN