Mulai Awal Ramadan Bisa Lagi Umrah ke Tanah Suci

Masjidil haram umrah
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10/2020). (REUTERS/Yasser Bakhsh)

Jakarta (gokepri.com) – Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah umrah saat bulan suci ramadan. Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan bahwa Arab Saudi membuka Masjidil Haram dan Masjid Nabawai untuk jemaah umrah. Namun, izin tersebut masih diberikan secara terbatas dan melalui prosedur perizinan yang ketat.

“Saudi akan membuka izin umrah mulai awal Ramadan 1442H,” terang Endang Jumali, Selasa (6/4/2021).

Menurut Endang, pendaftaran e-visa umrah bisa dilakukan melalui aplikasi Eatamarna dan Tawakalna. Aplikasi ini tetap terbuka dan dapat diakses oleh penyelenggara umrah untuk negara yang diizinkan jemaahnya masuk ke Arab Saudi.

Calon jemaah umrah yang akan mendaftar, lanjut Endang, diwajibkan sudah divaksin. Selama di Arab Saudi, mereka juga diharuskan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk pembatasan usia jemaah umrah, masih diberlakukan 18 sampai 60 tahun, kecuali bagi warga Saudi menjadi sebelum 70 tahun,” tandasnya.

Menindaklanjuti dibukanya kembali izin umrah, Kementerian Agama bakal membahas persiapan manasik haji. Pembahasan bakal dilakukan bersama para ulama dan pakar Fiqih dalam format Bahtsul Masail.

Kasubdit Bimbingan Jemaah Arsyad Hidayat mengatakan, Bahtsul Masail akan melakukan kajian tentang dampak kebijakan penanganan Covid-19 terhadap aspek-aspek ibadah dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Selain itu, forum ini akan melakukan kajian solusi hukum yang memberikan jaminan keabsahan pelaksanaan ibadah dan memberikan kemudahan dan ketenangan kepada jemaah haji.

Baca juga: Juara Pertama STQ IX Lingga Terima Bonus Umrah

“Hasil bahtsul masail ini akan kami susun menjadi buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah Masa Pandemi untuk didistribusikan kepada jemaah,” jelasnya. (wan)

BAGIKAN