Mobil Damkar Tanjungpinang Banyak Rusak, Repot Saat Padamkan Api

damkar tanjungpinang
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Tanjungpinang, Juliadi Halomoan. Foto: Gokepri.com/Engesti

Tanjungpinang (gokepri.com) – Mobil pemadam kebakaran milik Dinas Pemadam Kebakaran Tanjungpinang banyak yang rusak. Beberapa di antaranya ada yang rusak total alias tidak berfungsi sama sekali.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Tanjungpinang, Juliadi Halomoan mengatakan, dari enam mobil pemadam kebakaran yang dimiliki oleh Dinas Damkar hanya lima mobil yang masih bisa digunakan, itu pun kondisinya juga sudah rusak parah.

“Dari enam itu cuma lima yang bisa digunakan. Satu mobil itu sudah rusak parah hampir 90 persen. Sementara sisanya masih bisa digunakan tapi tangki airnya sering bocor,” kata dia, Kamis 6 Juni 2024.

Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan Terjadi di Bintan dan Tanjungpinang

Ia menjelaskan, kerusakan mobil damkar ini terjadi karena lama tidak mendapat perawatan dan termakan usia. Menurut dia, rusaknya beberapa armada membuat damkar kerepotan untuk melakukan pemadaman api.

“Ya paling sedot air dari sumur,” kata dia.

Ia juga sudah menyurati Kemendagri melalui Gubernur Kepri untuk pengadaan mobil damkar. Kata dia, Kota Tanjungpinang idealnya memiliki sembilan mobil damkar untuk mempermudah tugas pemadam.

“Kalau Pemko tidak bisa. Karena satu mobil ini biayanya sampai Rp1 miliar,” kata dia.

Berdasarkan catatan damkar, sejak Januari hingga Juni 2024 pihaknya sudah menangani sepuluh kasus kebakaran di Tanjungpinang. Lima di antaranya kebakaran lahan dan lima lainnya kebakaran rumah penduduk.

“Masyarakat kami imbau agar diperhatikan kondisi kelistrikan di rumah dan jangan membakar lahan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN