Kebakaran Hutan dan Lahan Terjadi di Bintan dan Tanjungpinang

Kebakaran hutan di Bintan
Kebakaran hutan dan lahan di Pulau Ladi, Bintan, Jumat 23 Februari 2024. Foto: gokepri/Engesti Fedro

Batam (gokepri) – Dua peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Pulau Bintan dan Tanjungpinang dalam dua hari terakhir.

Pada Jumat (23/2/2024), api melahap lahan di Pulau Ladi, Desa Tembing, Kecamatan Bintan. Sementara pada Sabtu (24/2/2024), giliran kawasan hutan lindung Tanjungpinang yang dilanda karhutla.

Kepala UPT Damkar Toapaya, Makmur, menjelaskan api di Pulau Ladi diketahui membakar lahan di pinggir jalan dan asapnya sempat menutup badan jalan. Petugas Damkar bersama truk tangki air dikerahkan untuk memadamkan api. “Jam 2 api sudah padam. Penyebabnya nanti coba konfirmasi polisi,” kata Makmur.

Baca Juga: Sepanjang Oktober Karhutla di Bintan Utara Seluas 27,5 Hektare

Kebakaran hutan di bintan
Aparat berusaha memadamkan api di kawasan Tanjungpinang, Sabtu 24 Februari 2024. Foto: istimewa

Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP MP. Limbong, mengatakan pihaknya akan menyelidiki penyebab dan pelaku pembakaran lahan di Pulau Ladi. “Kami masih selidiki. Jika nanti ada unsur kelalaian atau kesengajaan tentu ada pidana,” kata Limbong.

Sementara di Tanjungpinang, kebakaran hutan lindung terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Sebanyak 4 unit armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian.

Kasi Pemadam Kebakaran dan Sarana Prasarana DKPP Tanjungpinang, Dery Ambary, mengatakan belum mengetahui penyebab kebakaran lahan di Tanjungpinang. “Api kami padamkan sekitar satu jam. Penyebabnya masih diselidiki,” kata Dery.

Kebakaran hutan di bintan
Polisi mengatur lalu lintas di pinggir jalan tempat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Tanjungpinang, Sabtu 24 Februari 2024. Foto: gokepri/Engesti Fedro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti Fedro

BAGIKAN