Meriahnya Hari Segitiga Terumbu Karang di Pulau Senoa

terumbu karang pulau senoa
Penanaman terumbu karang di Pulau Senoa oleh Basarnas Natuna, instansi dan berbagai komunitas, Minggu (9/6/2024). Foto: ANTARA

Natuna (gokepri.com) – Dalam rangka memperingati Hari Segitiga Terumbu Karang yang jatuh tiap 9 Juni, Basarnas Natuna berkolaborasi dengan berbagai instansi dan komunitas di Natuna menanam terumbu karang di Pulau Senoa, Minggu 9 Juni 2024.

Pranata Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kabupaten Natuna Dwiki Hermawan mengatakan kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia yang diperingati tiap 8 Juni.

Sejumlah pihak yang terlibat dalam aksi lingkungan tersebut adalah Stasiun Badan Keamanan Laut (Bakamla) Ranai, Komunitas Jelajah Bahari Natuna (JBN), Mapala STAI, Tiba-tiba Camp, Sedarun Natuna, Lensa Natuna, Saka SAR, PMI, PPNI, Lensa Natuna, dan Spear Fishing.

Baca Juga: JBN Tanam Terumbu Karang di Perairan Natuna

“Selain penanaman terumbu karang, kami juga melakukan aksi bersih pantai,” kata Dwiki.

Ia mengatakan semua kegiatan itu bertujuan untuk melestarikan lingkungan serta salah satu upaya untuk meningkatkan keindahan wisata di Natuna.

Penanaman terumbu karang itu dilakukan dengan mengikat terumbu karang di kerang-kerangka besi dari pinggir pantai. Setelah selesai lalu dibawa ke perairan yang minim terumbu karang.

Dwiki berharap terumbu karang yang ditanam tumbuh dengan baik sehingga bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Untuk melakukan pekerjaan di bawah laut, beberapa penyelam dari Basarnas Natuna dan komunitas pun diterjunkan.

Leader JBN mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Basarnas Natuna tersebut. Menurut dia, kondisi terumbu karang di Natuna semakin memprihatinkan, banyak yang hilang akibat pemanasan global.

JBN pun melakukan hal yang sama sejak 2017. “Kami juga sudah lakukan pemetaan dan pembibitan terumbu karang,” ujar dia. ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News