KPU Tetapkan Ansar Ahmad-Marlin Agustina Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Kepri

Pelantikan Ansar-Marlin
KPU Kepri menyerahkan surat penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih periode 2021-2024 kepada Marlin Agustina, di Tanjungpinang, Minggu (21/2/2021). (Foto: istimewa)

Tanjungpinang (Gokepri.com) – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau menetapkan pasangan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih periode 2021-2024.

Penetapan ini setelah gugatan sengketa pilkada yang diajukan Isdianto-Suryani ditolak Mahkamah Konstitusi.

Anggota KPU Kepri Widiyono Agung Sulistiyo mengatakan pasangan cagub dan cawagub yang hadir dalam rapat pleno tersebut hanya Marlin Agustina.

KPU Kepri telah menyerahkan Surat Keputusan Penetapan Cagub dan Cawagub Kepri Terpilih kepada Marlin Agustina.

“Besok kami juga menyerahkan surat keputusan tersebut kepada DPRD Kepri. Tugas kami dalam pilkada sudah tuntas,” ucapnya, usai penyerahan surat penetapan.

Agung mengatakan pelaksanaan rapat pleno penetapan cagub dan cawagub tidak sama dengan pilkada lima tahun yang lalu lantaran kondisi saat ini menghadapi pandemi COVID-19. Jumlah peserta rapat pleno yang diselenggarakan di salah satu hotel di Tanjungpinang terbatas sesuai protokol kesehatan.

Pelaksanaan rapat pleno tersebut berjalan lancar, dan hanya memakan waktu tidak mencapai sejam.

“Jumlah peserta rapat pleno ini hanya 50 orang, wajib mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara oleh KPU Kepri, Ansar-Marlin unggul dengan perolehan 308.553 suara. Sedangkan Isdianto-Suryani meraih 280.160 suara dan Soerya-Iman 183.317 suara.

Didukung 4 Partai

Ansar-Marlin diusung empat partai; Golkar, Nasdem, PAN dan PPP. Total kursinya paling banyak, 17 kursi.

Ansar Ahmad adalah tokoh senior Golkar dan anggota DPR RI. Ia terpilih saat Pileg 2019 daerah pemilihan Kepri dengan suara terbanyak dibanding calon lain. Total suaranya 135.022.

Ia juga Bupati Bintan periode 10 Agustus 2005 hingga 10 Agustus 2015. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Kepulauan Riau (sekarang Kabupaten Bintan, red) periode 17 Januari 2001 hingga 4 November 2003.

Rincian riwayat jabatannya yakni; Wakil Bupati Kepulauan Riau (2001-2003); Plt. Bupati Kepulauan Riau (2003-2004); Bupati Bintan (2005-2010); Bupati Bintan (2010-2015).

Ia juga pernah menjabat Ketua DPD Golkar Kepri sebelum estafetnya dilanjutkan Akhmad Maaruf Maulana. Ansar tetap dapat jabatan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Kepri.

Sedangkan Marlin Agustina adalah satu-satunya calon yang dari luar partai. Meski istri dari Wali Kota Batam dan Ketua DPW Nasdem Kepri Muhammad Rudi, Marlin tidak pernah tercatat sebagai pengurus partai.

Selama ini, Marlin lebih dikenal berkat kiprahnya di bidang perempuan, UKM, dan anak dengan aktif sebagai Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Ketua Dekranasda dan Bunda PAUD Kota Batam.

Jauh sebelum tahun politik, ia sudah aktif di bidang perempuan dan anak muda. Selama 10 tahun ia berkiprah di bidang perempuan lewat PKK , GOW dan Dekranasda. Ia juga rajin membina UKM dan menggandeng anak muda lewat batik serta acara fesyen.

(can)

|Baca Juga: INFOGRAFIS PILKADA KEPRI: Gelanggang Tiga Sekawan

BAGIKAN