Kapal Selam Ardadedali Perkuat Keamanan Laut Natuna

KRI Ardadedali

Natuna (gokepri.com) – Kapal selam tempur KRI Ardadedali, produksi galangan Daewoo Shipbulding and Marine Engineering Co, Ltd (DSME), Korea Selatan, tiba di Natuna. Kehadiran kapal selam ini makin memperkuat kemampuan angkatan laut dalam menjaga perairan Natuna.

Kapal selam bermesin diesel elektrik type 209/1400 ini tiba di Pelabuhan Pangkalan TNI AL Ranai, Natuna pada Minggu (4/4/2021). Kapal ini dilengkapi peluncur torpedo 533 milimeter. Serta memiliki peluru kendali antikapal permukaan yang merupakan modernisasi armada kapal selam TNI AL.

Untuk diketahui, kapal selam ini merupakan salah satu dari tiga kapal selam dipesan Indonesia dari Korea Selatan. Pembuatannya dilakukan oleh di galangan DSME dan satu lainnya di PT PAL Surabaya.

Nama Ardadedali diambil dari salah satu nama senjata panah yang dimiliki oleh salah satu tokoh wayang di Mahabharata, Arjuna.

Baca juga: 10 Kapal Illegal Fishing Ditenggelamkan di Laut Natuna Utara

Selain KRI Ardadedali, kerjasama antara pemerintah dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co. (DSME) ini juga menghasilkan KRI Nagapasa dan KRI Alugoro. Ketiga kapal tersebut kini telah beroperasi memperkuat TNI AL bersama dua pendahulunya, KRI Cakra dan Nanggala. (wan)

BAGIKAN