Kadisdik Batam Pastikan Keamanan dan Kesiapan Situs PPDB

Kepala Dinas Pendidikan Batam
Sekda Kota Batam Jefridin bersama Kadisdik Batam yang baru, Tri wahyu Rubianto (tengah), saat acara Pisah Sambut Kadsdik Batam, di Golden Prawn, Bengkong, Selasa (16/5/2023). Foto: Dok. Pemko Batam

Batam (gokepri) – Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto, memastikan laman atau situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) aman dan tidak mudah mengalami kesalahan atau eror.

Pendaftaran peserta didik baru jejang SD di Batam dimulai 3 Juni 2023. Sedang SMP dimulai 12 Juni 2023.

Dinas Pendidikan Batam telah melaksanakan pelatihan dan pemuktahiran kepada operator atau panitia yang bertanggung jawab atas pelaksanaan PPDB.

Baca Juga: Penerimaan Siswa Baru SD dan SMP Dimulai Juni, Ini Cara Daftar PPDB Batam 2023

“Pada tanggal 22-23 Mei 2023, kami telah menggelar workshop guna mengatasi permasalahan eror pada website,” ujar Tri Wahyu Rubianto pada hari Rabu, 24 Mei 2023.

Selanjutnya, guna memastikan keamanan situs, Dinas Pendidikan juga akan melakukan uji coba yang dapat diakses oleh orang tua murid mulai tanggal 28 hingga 30 Mei 2023.

“Wali murid dapat mengunjungi Demo.PPDBBatam.id, mencoba untuk memeriksa dan melihat-lihat informasi di dalamnya,” tambahnya.

Tri Wahyu Rubianto menjelaskan pendaftaran PPDB secara daring atau online hanya berlaku bagi peserta didik yang berada di kawasan midland atau kota, sementara pendaftaran PPDB secara offline berlaku bagi peserta didik yang tinggal di kawasan hinterlad.

Selain itu, ia juga meminta agar sekolah-sekolah swasta di Batam dapat membuka pendaftaran lebih awal dibandingkan dengan SD dan SMP negeri.

Dengan demikian, diharapkan jumlah siswa yang akan diterima di sekolah negeri dapat berkurang, baik melalui jalur Zonasi, Afirmasi, prestasi, maupun perpindahan orang tua.

“Jumlah siswa yang mendaftar tidak seimbang. Hal ini pasti akan mempengaruhi ketersediaan ruang kosong dari tingkat terendah ke tingkat tertinggi, mengingat jumlah kursi yang terbatas,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN