Cuaca Buruk, BPBD Tanjungpinang Bagikan Nomor Telepon

Cuaca Buruk Tanjungpinang
Ilustrasi. Banjir rob yang terjadi di kawasan Kampung Bugis di awal tahun 2024 lalu. Foto: ANTARA

Tanjungpinang (gokepri.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang mengimbau warga waspada terhadap cuaca buruk berupa hujan deras dan angin kencang. Selama sepekan terakhir Tanjungpinang dilanda cuaca ekstrem.

“Waspada dan hati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem saat ini,” kata Kepala BPBD Tanjungpinang Muhammad Yamin, Minggu 23 Juni 2024.

Ia mengatakan kondisi ini dapat mengakibatkan bencana seperti banjir, pohon tumbang, serta tanah longsor akibat kikisan air hujan.

Baca Juga: Ini Lokasi Dapur Umum Korban Banjir Tanjungpinang

Selain waspada, masyarakat juga diminta saling peduli dan membantu jika ada terjadi bencana di lingkungan sekitarnya. Warga juga diminta bergerak cepat untuk menghubungi BPBD di nomor telepon 0771-20949 atau pihak kelurahan setempat.

Yamin mengatakan masyarakat diharapkan siap siaga untuk mengantisipasi potensi bencana.

“Salah satunya dengan menumbuhkan sikap saling tolong-menolong satu sama lain,” ujarnya.

Khusus untuk masyarakat di wilayah pesisir selain hujan deras dan angin kencang juga harus waspada air pasang laut. Sebab, kombinasi angin kencang atau puting beliung dan air pasang ditambah hujan deras bisa mempercepat banjir pesisir atau rob.

Untuk mengantisipasi bencana berubah menjadi malapetaka masyarakat diimbau mematikan alira listrik PLN saat banjir, mengamankan alat-alat elektronilk dan menyimpan berkas penting seperti surat berharga dan ijazah di tempat aman.

Selain itu masyarakat juga diminta waspada terhadap adanya potensi hewan seperti ular dan buaya selama terjadi bencana. ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN