BPBD Tanjungpinang Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung

Badan Penanggulangan Bencana Daerah
Penyerahan bantuan kepada korban yang rumahnya rusak karena angin puting beliung di Tanjungpinang, Senin 20 Mei. Foto: istimewa

Tanjungpinang (gokepri) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjungpinang bergerak cepat dalam memberikan bantuan kepada korban terdampak angin puting beliung di Kampung Sekatap, Dompak. Bantuan logistik berupa paket sandang, sembako, family kit, selimut, serta makanan siap saji disalurkan kepada empat keluarga yang terdampak pada Senin (20/5/2024).

“Semoga bantuan ini bermanfaat,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanjungpinang, Yeni Wilda, Senin (20/5/2024).

Baca Juga:

Bencana angin puting beliung yang melanda pada Sabtu (18/5/2024) mengakibatkan kerusakan pada tujuh rumah warga di Kampung Sekatap Dompak. Dua rumah di antaranya tidak dihuni, satu rumah dalam tahap pembangunan, dan sisanya merupakan rumah warga yang dihuni.

“Tim reaksi cepat kami juga telah memberikan bantuan pemasangan terpal di rumah Bapak Damri karena kerusakannya yang lebih parah, yaitu atapnya terangkat,” ujar Yeni.

Warga di Jalan Skatap Bay Pulau Dompak masih merasakan kengerian akibat terjangan angin puting beliung yang begitu dahsyat. Peristiwa yang terjadi pada Sabtu sore itu berlangsung begitu cepat dan tak terduga.

“Kencangnya angin membuat plafon dan atap rumah warga rusak. Kini, rumah-rumah yang atapnya rusak telah ditutup terpal dengan bantuan BPBD,” tutur salah satu warga, Saridon.

Saridon menceritakan saat kejadian, awan gelap tiba-tiba muncul dari arah selatan saat ia sedang duduk di dekat pondok. Angin kencang pun menerjang pemukiman warga dengan sangat cepat.

“Kejadiannya berlangsung sekitar dua menit,” ungkap Saridon.

Dahsyatnya angin puting beliung menyebabkan atap rumah warga terangkat ke langit dan merobohkan tembok rumah yang masih dalam tahap pembangunan. “Kami semua langsung lari mengungsi ke masjid,” kata Saridon.

Penulis: Engesti Fedro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN