Bawaslu Kepri Sediakan Kontak WhatsApp Pengaduan Pelanggaran Pemilu

bawaslu awasi medsos
Anggota Bawaslu Kepri Maryamah. Foto: ANTARA

Tanjungpinang (gokepri.com) – Warga Kepri bisa mengadukan dugaan pelanggaran Pemilu 2024 di masa-masa tenang, menjelang penghitungan suara dan pemungutan suara pada 14 Februari.

Anggota Bawaslu Kepri, Maryamah mengatakan Bawaslu Kepri membuka layanan call center pengaduan tersebut di nomor WhatsApp.

“Silakan hubungi call center kami di nomor WhatsApp 0813-7151-7020, aktif 1×24 jam,” kata dia di Tanjungpinang, Senin 12 Februari 2024.

Baca Juga: Bawaslu Batam Buka Posko Pengaduan Masalah Coklit Data Pemilih

Maryamah mengajak masyarakat tidak diam saja saat mengemukan indikasi praktik politik uang atau pemberian lainnya dalam bentuk materi menjelang Pemilu 2024.

Ia mengingatkan bahwa politik uang tetap terjadi selagi ada pemberi dan penerima, karena keduanya saling berkontribusi satu sama lain. Kalau ada pemberi, namun tak ada penerima, maka politik uang tak akan terjadi atau begitu pula sebaliknya.

“Maka, harus punya kesadaran bersama untuk menghindari politik uang, karena sudah ada sanksi tegas menanti,” ujar Maryamah.

Maryamah juga turut mengimbau para peserta pemilu untuk mematuhi aturan dan ketentuan pada masa tenang sebelum hari pemungutan dan penghitungan suara, misalnya tidak melakukan aktivitas kampanye dalam bentuk apapun.

Dia menegaskan aktivitas kampanye di luar jadwal bisa didiskualifikasi sebagai peserta Pemilu 2024.

Bawaslu Kepri saat ini juga menurunkan tim patroli siang dan malam untuk mencegah terjadinya potensi pelanggaran pemilu selama masa tenang sejak tanggal 11 sampai 13 Februari 2024.

Selain politik uang, masyarakat juga bisa melaporkan ke Bawaslu terkait dugaan pelanggaran pemilu lainnya, seperti hoaks, ujaran kebencian dan isu sara, netralitas ASN, TNI dan Polri, serta kampanye hitam.

Ia mengakui sejauh ini, Bawaslu Kepri belum ada menerima laporan/pengaduan warga terkait indikasi pelanggaran pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN