Banjir di Lingga, Dinkes Beri Layanan Kesehatan dan Bantuan Sembako Bagi Pengungsi

Banjir di Lingga
Dinas Kesehatan Lingga meninjau pengungsi korban banjir di Dabo Lama, 21 Mei. Foto: istimewa

Lingga (gokepri) – Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Lingga bergerak cepat untuk membantu para korban banjir. Kepala Dinas Kesehatan PPKB Lingga Bukit Tua Rayanto Gultom, bersama tim pada Selasa (21/5/2024) langsung turun ke posko pengungsian Kelurahan Dabo Lama, Kecamatan Singkep.

Bersama tim kesehatan Puskesmas Dabo Lama, dr Bukit melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para pengungsi. Pemeriksaan ini tak hanya bersifat umum, tetapi juga pemeriksaan khusus bagi ibu hamil. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan para pengungsi, terutama kelompok rentan seperti ibu hamil, tetap terjaga di tengah kondisi darurat.

Baca Juga:

Selain layanan kesehatan, Dinas Kesehatan Lingga juga tak lupa memberikan bantuan berupa bahan pokok (sembako) yang sangat dibutuhkan para pengungsi. Bantuan tersebut meliputi popok bayi, susu, sayur-sayuran, buah-buahan, tahu dan tempe, perangkap lalat, serta sabun cuci tangan.

“Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para korban banjir,” ujar dr Bukit.

Langkah selanjutnya, Puskesmas Dabo Lama akan terus berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan Polsek Dabo Singkep. Koordinasi ini bertujuan untuk mengantisipasi dampak kesehatan yang mungkin dialami para pengungsi pasca banjir. Selain itu, koordinasi ini juga memastikan para pengungsi mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan serta mencegah terjadinya penyakit menular di lingkungan pengungsian.

“Kami akan terus berkoordinasi dan memastikan bahwa semua kebutuhan kesehatan para pengungsi terpenuhi,” tegas dr. Bukit.

Kunjungan Dinas Kesehatan Lingga ke posko pengungsian ini merupakan wujud komitmen mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan bagi masyarakat terdampak bencana. Upaya ini diharapkan dapat membantu masyarakat Kabupaten Lingga untuk bangkit dan pulih dari musibah banjir.

Penulis: Jamariken Tambunan

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News

BAGIKAN