Awas, Salah Posisi Tidur Bisa Mempengaruhi Kesehatan Leher

Ilustrasi. Posisi tidur berpengaruh pada kesehatan leher. Foto: Freepik.com

Jakarta (gokepri.com) – Memperhatikan kenyamanan saat tidur sangat penting. Sebab, ternyata salah posisi saat tidur dapat mempengaruhi kesehatan leher.

Kelompok Staf Medis (KSM) Orthopaedi dan Traumatologi Klinik RS Cipto Mangunkusumo Rahyussalim mengatakan penggunaan bantal yang salah dapat mengganggu otot leher bahkan tulang. Apalagi jika seseorang tidur dalam posisi sama dan dalam waktu lama.

“Posisi tidur itu sangat penting, jangan menetap di satu posisi. Ada orang yang tidur di area yang sempit jadi telentang aja dan tidak berganti posisi, padahal secara fisik dan naluri badan itu selama beberapa jam akan memberi kesempatan untuk merelaksasi dengan berganti posisi,” kata dia.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Kurang Tidur Bisa Bikin Depresi dan Rusak Otak 

Rahyussalim mengatakan sesekali salah bantal biasanya hanya berdampak pada otot saja. Siang atau sore, rasa tak nyaman pada leher sudah bisa hilang.

Tapi jika seseorang mengalami rasa tidak nyaman di leher setelah salah bantal dan tidak kunjung membaik, maka itu berarti ia sudah sering berada di posisi yang tidak baik. Rasa pegal tersebut sudah melibatkan saraf.

“Kondisi tersebut biasanya terjadi pada orang tua yang cenderung tidur dalam waktu yang lama tanpa mengubah posisi tidur,” ujarnya.

Ketidaknyamanan tersebut awalnya mungkin hanya dirasakan sebagai pegal-pegal yang dapat mereda setelah dipijat atau digerakkan. Namun, jika masalah ini terjadi secara berulang, bisa menyebabkan degenerasi dan penekanan pada syaraf di leher.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya dengan merelaksasi otot leher dan menggunakan obat topikal pada bagian leher.

“Obatnya dengan menggerakkan secara gradual depan belakang, menoleh, itu udah cukup untuk merelaksasi otot yang tadinya kencang. Bisa juga memberikan obat topikal pada bagian leher, biasanya siang sore atau besoknya sudah enak,” kata Salim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN