Jangan Sepelekan, Kurang Tidur Bisa Bikin Depresi dan Rusak Otak

Kurang tidur bikin depresi
Foto: Bloomberg

Batam (gokepri) – Dua masalah kesehatan mental dapat disebabkan oleh kurang tidur sehingga berdampak negatif pada kehidupan kita. Tak cuma kesehatan mental, menurut jurnal, kurang tidur bisa merusak otak dan memperpendek usia.

Kurang tidur memiliki dampak yang serius dalam jangka panjang. Salah satunya adalah dapat memperpendek umur. Dilansir dari EverydayHealth, Senin (29/1/2024), dalam penelitian di Journal of The American Heart Association yang dilakukan pada 2019, kurang tidur menjadi salah satu faktor risiko kematian akibat stroke dan serangan jantung.

Risiko kematian akan meningkat dua kali lipat jika kurang tidur dari 6 jam bagi para pengidap tekanan darah tinggi dan diabetes. Pada penelitian lain juga ditemukan orang yang kurang tidur bagi seseorang yang pernah mengalami stroke dan serangan jantung risikonya naik jadi tiga kali.

Baca Juga: Tidur Siang Malah Bikin Sakit Kepala, Ternyata Ada Penyebabnya

“Penelitian yang kami menunjukkan tidur normal memberikan perlindungan bagi beberapa orang dengan kondisi dan risiko kesehatan tersebut,” ujar kepala penelitian Julio Fernandez-Mendoza.

Masalah lain yang diakibatkan karena kurang tidur adalah dapat merusak jaringan otak. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sepertiga orang dewasa tak mendapatkan tujuh hingga delapan jam untuk tidur per hari. Padahal, kebiasaan kekurangan waktu tidur akan membuat daya ingat seseorang menurun.

Kurang tidur juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penurunan kognitif dan demensia. Kurang tidur juga sangat berkaitan dengan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

Waktu tidur yang baik sesuai umur:

Dilansir dari website Kemenkes tidur yang baik itu 7-8 jam. Berikut waktu tidur yang baik sesuai dengan umur;

  • Usia 0-1 bulan: bayi yang usianya baru 2 bulan membutuhkan waktu tidur 14-18 jam sehari.
  • Usia 1-18 bulan: bayi membutuhkan waktu tidur 12-14 jam sehari termasuk tidur siang.
  • Usia 3-6 tahun: kebutuhan tidur yang sehat di usia anak menjelang masuk sekolah ini, mereka membutuhkan waktu untuk istirahat tidur 11-13 jam, termasuk tidur siang.
  • Usia 6-12 tahun: Anak usia sekolah ini memerlukan waktu tidur 10 jam.
  • Usia 12-18 tahun: menjelang remaja sampai remaja kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam.
  • Usia 18-40 tahun: orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN