Zapin Penyengat Resmi Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia

zapin penyengat
Zapin Penyengat resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia. Foto: Diskominfo Tanjungpinang

Tanjungpinang (gokepri.com) – Zapin Penyengat resmi dinyatakan menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia setelah dilakukan sidang penetapan pada 28 hingga 31 Agustus 2023 di Jakarta.

Dalam sidang itu tim penilai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menyatakakan Zapin Penyengat lolos uji, lalu merekomendasikannya sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia bersama usulan lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pejabat Fungsional Pamong Budaya Madya, Disbudpar Kota Tanjungpinang, Syafaruddin mengatakan Zapin Penyengat memiliki ciri khas gerakan tari yang berbeda dari jenis zapin yang lain.

Baca Juga: Lantamal IV Tanjungpinang Helat Festival Zapin Penyengat 4-5 Februari

“Alhamdulillah, lolos dan direkomendasikan sebagai WBTb Indonesia,” ucap Syafaruddin, Jumat 1 September 2023 dikutip dari laman resmi Pemko Tanjungpinang.

Syafaruddin mengatakan pertanyaan sidang putusan itu cukup berat, selain perawakilan dari kabupateen dan kota wajib menjawab pertanyaan-pertanyaan, perwakilan juga harus memaparkan usulan di hadapan tim penilai.

“Alhamdulillah, semua pertanyaan yang diajukan dapat dijawab dengan baik oleh seluruh utusan kabupaten kota,”ucapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang, Muhammad Nazri bersyukur Zapin Penyengat lolos dalam usulan tersebut.

Ia berharap setelah lolos Zapin Penyengat menjadi lebih dikenal masyarakat Indonesia bahkan dunia.

“Selain untuk memperkenalkan kekayaan budaya di Tanjungpiang, ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan warisan budaya,” ujar Nazri.

Tahun ini Provinsi Kepri mengusulkan 5 jenis kesenian dan kebudayaan. Dari Tanjungpinang mengusulkan Zapin Penyengat, Batam mengusulkan Joging, Lingga usulkan Tempah Bidan dan Legenda Meriam Tegak, serta Karimun mengusulkan Berdah.

Seluruh usulan dari semua provinsi di Indonesia yang direkomendasikan ada 213, termasuk Zapin Penyengat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

***

BAGIKAN