Warga Batam Bakal Dilakukan Tes Antigen Massal

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. (foto: istimewa)

Batam (gokepri.com) – Pemko Batam akan melakukan tes antigen massal kepada masyarakat Batam. Hal itu dilakukan guna menemukan pasien positif Covid-19.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan dengan dilakukan tes antigen secara massal tersebut, pasien positif Covid-19 diharapkan dengan cepat diketahui.

“Yang positif nantinya akan langsung kita bawa ke penampungan (karantina) selama satu Minggu,” kata Rudi, Kamis (22/7/2021).

Pelaksanaan tes antigen ini diharapkan bisa terealisasi dalam waktu dekat ini. Teknisnya nanti akan berada di bawah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam.

Menurutnya, satu kelurahan di setiap kecamatan nantinya akan dijadikan percontohan. Kemudian juga dilakukan secara berurutan.

“Jika ini dapat terlaksana dengan baik, saya yakin angka penyebaran Covid-19 ini dapat segera menurun,’ katanya.

Terkait anggaran yang akan digunakan dalam operasi antigen masal di Kelurahan ini, Rudi juga menuturkan akan ditanggung dana Badan Pengusahaan (BP) Batam.

“Karena saya juga Kepala BP Batam, maka anggaran akan dilihat terlebih dahulu. Apabila BP tidak bisa sendiri, akan dibagi dua dengan anggaran Pemko Batam,” tegasnya.

Batam, lanjutnya harus berhasil keluar dari level IV saat ini. Diharapkan setelah evaluasi dan upaya yang dilakukan Batam bisa kembali ke level 1 dan kondisi kembali normal.

“Saya sudah minta Sekda untuk mencari Rusun dan difokuskan menjadi lokasi karantina bagi mereka yang positif setelah di antigen nanti,” tegas Rudi.

(ard)

| Baca Juga : PPKM Level 4 di Batam Berlaku Hingga 25 Juli

BAGIKAN