SMAN 1 Batam Buka PPDB Jalur Afirmasi, Prestasi dan Perpindahan

PPDB SMAN 1 Batam
SMAN 1 Batam. Foto: Gokepri.com/Engesti

BATAM (gokepri.com) – SMAN 1 Batam secara resmi telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025 melalui tiga jalur penerimaan yaitu afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua.

Ketua PPDB SMAN 1 Sekupang, Ida Royani mengatakan, saat ini sudah ada 60 peserta didik yang melakukan pendaftaran ulang melalui jalur prestasi, 33 orang melalui jalur afirmasi dan 6 orang melalui perpindahan orang tua.

“Itu mereka sudah diterima. Masih ada yang belum daftar ulang kami coba untuk hubungi wali murid yang bersangkutan,” kata dia Jumat 21 Juni 2024.

Baca Juga: 628 Calon Siswa Tak Lolos PPDB SD Negeri di Batam

Sementara untuk jalur zonasi, per Jumat 21 Juni 2024 pihaknya mencatat sudah ada sekitar 579 pendaftar. Jumlah ini akan terus bertambah sampai penutupan pendaftaran jalur zonasi pada tanggal 23 Juni 2024.

Aturan pada jalur zonasi pada tahun ini juga berbeda. Para pendaftaran harus mengunggah Kartu Keluarga paling lambat dua tahun penerbitan. Tidak berlaku menggunakan, domisili atau sejenisnya.

“Zonasi kuota kami itu 50 persen dari kuota sekitar 234 siswa cuma ini kan ada kelebihan kuota dari yang tidak lulus di jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua itu dialihkan ke kuota zonasi jadi sekitar 358 siswa lagi,” kata dia.

Ia mengaku, sempat ada beberapa kendala dan keluhan dari wali murid saat ingin mendaftarkan anaknya di SMAN 1 Batam. Keluhan yang paling umum adalah sulit untuk mengunggah dokumen.

“Pengumuman tanggal 19 Juni 2024 malam sementara jadwal daftar ulang 20 Juni 2024 pagi sementara itu banyak kendala dokumen yang harus dibuka dan disiapkan berkas-berkasnya itu salah satunya kendalanya, karena waktu yang mepet itu yang kurang terakses oleh masyarakat. Tapi tetap kami imbau melalui Instagram,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN