Satu Narapidana Beragama Buddha di Lapas Dabo Singkep Terima Remisi Waisak

lapas dabo singkep
Kepala Lapas Kelas III Dabo Singkep, Jaka Putra Manurung, menyerahkan remisi khusus Waisak kepada satu narapidana, Kamis 23 Mei. Foto: istimewa

Lingga (gokepri) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Dabo Singkep memberikan Remisi Khusus Hari Raya Waisak 2024 kepada satu narapidana beragama Buddha. Pemberian remisi ini sebagai bentuk apresiasi bagi narapidana yang menunjukkan perubahan perilaku positif selama menjalani masa pembinaan.

“Remisi ini diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat, termasuk berkelakuan baik, aktif mengikuti program pembinaan, dan menunjukkan penurunan tingkat risiko sesuai peraturan perundang-undangan,” ujar Kepala Lapas Kelas III Dabo Singkep, Jaka Putra Manurung, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga:

Jaka menjelaskan, dari dua narapidana beragama Buddha di Lapas Dabo Singkep, hanya satu orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi khusus dengan pengurangan masa pidana selama dua bulan.

“Satu narapidana lainnya tidak dapat menerima remisi karena masih menjalani masa pencabutan Pembebasan Bersyarat (PB),” ungkap Jaka.

Pemberian remisi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi semua narapidana untuk terus berkelakuan baik dan mengikuti program pembinaan yang ada.

“Kami berharap remisi ini menjadi pendorong semangat bagi narapidana untuk terus memperbaiki diri dan mempersiapkan diri kembali ke masyarakat dengan lebih baik,” kata Jaka.

Jaka menambahkan, pemberian remisi ini merupakan bagian dari upaya Lapas Kelas III Dabo Singkep untuk memberikan apresiasi kepada narapidana yang telah menunjukkan perubahan positif selama masa pembinaan.

“Diharapkan narapidana dapat lebih termotivasi untuk terus berkelakuan baik dan mengikuti program pembinaan yang telah disediakan,” imbuhnya.

Remisi Khusus Waisak ini juga mencerminkan komitmen Lapas Kelas III Dabo Singkep dalam menjalankan tugas pemasyarakatan yang berfokus pada pembinaan dan reintegrasi narapidana ke dalam masyarakat.

“Semoga melalui kegiatan ini, para narapidana dapat semakin termotivasi untuk menjalani hidup yang lebih baik dan produktif setelah menyelesaikan masa hukuman mereka,” harap Jaka.

Diketahui, Lapas Kelas III Dabo Singkep saat ini menampung 101 orang, terdiri dari 90 narapidana dan 11 tahanan.

Penulis: Jamariken Tambunan

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News

BAGIKAN