Sabtu 12 Juni, Kawasan Ekonomi Khusus BAT dan NDP Diresmikan

KEK Nongsa Digital Park
MRO BAT Hang Nadim. (FOTO/gokepri.com/ard)

Batam (gokepri.com) – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam Aero Technic (BAT) dan Nongsa Digital Park (NDP) diagendakan akan diresmikan Sabtu 12 Juni 2021.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto dijadwalkan akan kunjungan kerja ke Batam dan meresmikan dua KEK tersebut.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membenarkan hal tersebut, dengan peresmian KEK BAT dan NDP diharapkan dapat mendorong percepatan kegiatan usaha di BAT dan NDP tersebut.

“Pak Menko dijadwalkan akan kunjungan kerja langsung ke Batam meresmikan KEK BAT dan NDP,” kata Rudi, Kamis (10/6/2021).

Sebagaimana diketahui, nilai investasi NDP diperkirakan sebesar Rp16 triliun dengan luas 166,45 hektar. Pembangunannya akan menyerap 16.500 tenaga kerja.

Pemerintah menargetkan KEK NDP dapat menjadi pintu masuk untuk perusahaan teknologi informasi (TI) internasional dari Singapura dan mancanegara. Selain itu juga akan ditetapkan menjadi IT Hub Digital Bridge Indonesia ke Singapura dan negara-negara lainnya.

Keberadaan KEK ini diperkirakan dapat menghemat devisa negara dalam bisnis digital antara Rp20 triliun-Rp30 triliun per tahun. Kontribusi terbesarnya dari sektor pusat data dan pendidikan internasional.

Sedangkan nilai investasi BAT diperkirakan Rp6,2 triliun. Luas areanya 30 hektar dan dalam pembangunannya akan menyerap 9.976 tenaga kerja.

KEK MRO Batam Aero Technic bergerak di industri MRO. Kehadiran KEK ini diharapkan dapat menghemat devisa sebesar 65 persen-70 persen dari kebutuhan MRO maskapai penerbangan nasional senilai Rp26 triliun per tahun yang selama ini mengalir ke luar negeri.

Dalam jangka menengah juga diharapkan mampu menangkap peluang dari pasar Asia Pasifik yang memiliki sekitar 12 ribu unit pesawat dan nilai bisnis sebesar USD100 miliar pada 2025. (ard)

| Baca Juga : MRO Lion Batam Butuh 10 Ribu Tenaga Kerja

(*Update: Pada berita sebelumnya jadwal peresmian hari Jumat tanggal 11 Juni 2021. Tanggal diubah karena ada perubahan jadwal peresmian yang diterima Gokepri dari BP Batam)

BAGIKAN