Rusia Siap Bahas Pembicaraan Damai dengan Ukrania

Bendera nasional Rusia di Kremlin, Moskow, Rusia (6/1/2023). Foto: ANTARA/Xinhua

Moskow (gokepri.com) – Pemerintah Rusia siap membahas pembicaraan damai dengan Ukrania kapan dan di mana saja berdasarkan perjanjian yang dicapai selama hampir satu setengah bulan perundingan.

“Kami siap untuk melanjutkan dialog kami dengan pihak Ukraina. Dan itu tidak masalah di mana aksi tersebut berlangsung – di Minsk, Istanbul atau Swiss… bahkan besok,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada konferensi pers di Hanoi, Vietnam, Kamis 20 Juni 2024.

Putin memperkirakan Barat akan menentang inisiatif perdamaian di Ukrania serta mempertanyakan usulan Rusia disebut tidak realistis. Sementara tidak ada yang mengkritik dengan cara yang sama seperti “ultimatum” Ukraina yang berisi kondisi yang tidak dapat diterima oleh Moskow.

Baca Juga: Rusia Akui Pertempuran di Gaza Genosida dan Harus Dihentikan

Menurut dia, politisi yang waras akan mempertimbangkan usulan Rusia mengenai Ukraina jika mereka ingin mengakhiri konflik. Ia jugal memperingatkan bahwa kondisi dapat berubah tergantung pada situasi di medan perang.

“Saya kira nihilisme mengenai usulan kita seperti ini tidak akan bertahan selamanya. Yang pasti akan ada perubahan, termasuk kondisi kita, tergantung situasi di lapangan,” ujarnya.

Pada saat yang sama, tegas Putin, jika Kyiv menghubungkan dimulainya perundingan perdamaian dengan penarikan pasukan Rusia dari Ukraina, maka perundingan tidak akan pernah terjadi.

Mengenai legitimasi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Putin mengatakan dia memperkirakan dia akan digantikan oleh Barat pada paruh pertama tahun 2025.

Sedangkan mengenai serangan balasan Ukraina di wilayah Kharkiv, Putin mengatakan militer Rusia sedang mempertimbangkan semua skenario yang mungkin terjadi. ANTARA/ANADOLU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN