Rudi Kelola Anggaran Ganda, Infrastruktur Jadi Prioritas Utama

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (FOTO/gokepri.com/ard)

Batam (gokepri.com) – Pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas utama Pemerintah Kota (Pemko) dan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan setidaknya ada dua proyeksi anggaran yang bisa digunakan untuk pembangunan Kota Batam. Pertama bersumber dari APBD Kota Batam dan ke dua anggaran BP Batam.

“Kita akan mulai lagi melanjutkan pembangunan infrastruktur,” kata Rudi yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala BP Batam, Kamis (21/1/2021)

Tahun ini, Pemko Batam akan melanjutkan sejumlah proyek pelebaran jalan. Di antaranya Simpang Barelang dan Simpang Base Camp di Batuaji.

Sedangkan BP Batam ada dua proyek besar yang akan menjadi prioritas utama. Yakni pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan pelabuhan bongkar muat Batuampar.

“Bandara dan palabuhan akan kita kembangkan, kalau tidak bisa bersaing dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia paling tidak kita mengikuti,” ujarnya.

Rudi juga mengatakan akan mengintegrasikan perencanaan pembangunan oleh Pemko Batam dan BP Batam. Hal itu dilakukan agar pembangunan Batam terarah.

“Kalau mau maju, itu yang harus dilakukan. Kalau tidak, pembangunannya sepotong-sepotong,” ujar Rudi.

Ia mengaku, integrasi dua instansi tersebut sudah mulai nampak. Bahkan, beberapa pembangunan sudah dimulai dengan kolaborasi apik antara Pemko Batam dan BP Batam.

Untuk itu, ia meminta dukungan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam dan pemangku kepentingan lainnya.

“Penyatuan perencanaan pembangunan tersebut juga dipadukan dengan perencanaan yang ada di Pemprov Kepri,” kata dia.

(ARD)

|Baca Juga : Tekanan Darah Tinggi, Vaksinasi Rudi Ditunda

BAGIKAN