Revitalisasi Pulau Penyengat Berlanjut, Akan Dibangun Monumen Nasional

revitalisasi pulau penyengat
Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau perkembangan proyek di Pulau Penyengat, Selasa (2/1/2024). Foto: Diskominfo Kepri

Tanjungpinang (gokepri.com) – Revitalisasi Pulau Penyengat terus berlanjut di tahun 2024. Dana anggaran yang diusulkan Pemerintah Provinsi Kepri berjumlah ratusan miliar.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan usulan itu dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dana tersebut kata Ansar akan digunakan untuk kelanjutan pembangunan beberapa ruas jalan yang belum selesai di kawasan Balai Adat Pulau Penyengat sebesar Rp24 miliar.

Baca Juga: Pulau Penyengat Dilengkapi 11 Unit Kendaraan Listrik

Selain pembangunan ruas jalan di Pulau Penyengat, Pemprov Kepri juga mengusulkan anggaran sebesar Rp90 miliar dalam APBN untuk pembangunan Monumen Bahasa Nasional di Pulau Penyengat.

“Komitmen kami di Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau adalah untuk terus memperindah Pulau Penyengat. Kami bertujuan menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata religi dan budaya yang unggulan,” kata Ansar saat meninjau kemajuan proyek di Pulau Penyengat, Selasa 2 Januari 2024, dikutip dari laman resmi Pemprov Kepri.

Revitalisasi ini kata Ansar bukan hanya tentang pembangunan fisik, tetapi juga tentang pelestarian nilai-nilai budaya dan sejarah yang kaya. Ia yakin pembangunan tersebut akan menarik lebih banyak wisatawan dan meningkatkan ekonomi lokal.

“Semoga membawa dampak positif yang signifikan bagi masyarakat,” ujarnya.

Ansar optimistis proyek revitalisasi ini akan meningkatkan reputasi Pulau Penyengat sebagai situs kebudayaan dan wisata religi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

***

BAGIKAN