Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Sekupang, 10 Kapal Dikerahkan

arus mudik pelabuhan sekupang
Foto: gokepri/Engesti Fedro

Batam (gokepri) – Pelabuhan Feri Domestik Sekupang Batam dipadati pemudik yang ingin menyeberang ke Dumai dan kota-kota lain di Sumatera pada Sabtu (6/4/2024). Arus mudik kali ini menjadi yang terpadat dalam lima tahun terakhir, dengan 10 kapal dikerahkan untuk mengangkut penumpang.

Pantauan di lokasi, para pemudik sudah mulai berdatangan ke pelabuhan sejak Sabtu dini hari. Mereka antre untuk mendapatkan tiket dan naik ke kapal. Petugas gabungan dari kepolisian, TNI, dan pelabuhan terlihat sibuk mengatur arus penumpang dan mengurai kepadatan.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sekupang, Parsaoran Samosir, mengatakan hari ini, Sabtu 6 April 2024, merupakan puncak arus mudik di pelabuhan Sekupang. “Ini menjadi puncak arus mudik tahun ini. Jumlah armada yang berangkat pun paling banyak dalam lima tahun terakhir,” kata Parsaoran.

Baca Juga:

Parsaoran menjelaskan, biasanya hanya dua kapal yang beroperasi untuk rute Dumai. Namun, karena tingginya jumlah pemudik, tahun ini operator kapal mengerahkan 10 armada kapal.

“Dalam 10 trip keberangkatan, total ada 2.672 orang yang menyeberang ke Dumai,” ujar Parsaoran.

Meski jumlah pemudik membeludak, proses mudik di Pelabuhan Sekupang berjalan lancar. Hal ini karena banyak pemudik yang sudah membeli tiket jauh-jauh hari.

“Mudik tahun ini terbilang lancar. Pemudik sudah banyak yang membeli tiket online, sehingga antrean di loket tidak terlalu panjang,” kata Parsaoran.

Diperkirakan, arus mudik di Pelabuhan Sekupang masih akan berlangsung hingga hari Minggu besok. Petugas gabungan pelabuhan akan terus bersiaga untuk memastikan kelancaran dan keamanan mudik tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti Fedro

 

BAGIKAN