Pulau Temawan, Surga Wisata Laut bagi Penyelam

pulau temawan anambas
Pulau Temawan, Anambas. Foto: gokepri/Wisnu Een

Anambas (gokepri) – Terletak di wilayah paling utara Indonesia, Kabupaten Kepulauan Anambas di Provinsi Kepulauan Riau menyimpan segudang potensi wisata yang tak kalah memukau. Menawarkan 255 pulau dengan pantai luas, air laut jernih, terumbu karang eksotis, dan iklim tropis yang menawan, Anambas menjadi destinasi idaman bagi para penjelajah alam.

Salah satu pulau yang patut dikunjungi adalah Pulau Temawan, sebuah destinasi wisata dengan luas 2,14 hektare dan garis pantai sepanjang 300 meter. Dikelola oleh Pokdarwis Batu Belah di bawah Bumdes 7 Kunci Batu Belah, Pulau Temawan menjadi primadona bagi masyarakat dan wisatawan untuk menghabiskan waktu berkualitas di tengah alam yang asri, keindahan bawah laut dan pantai yang jernih.

Baca Juga:

Pulau Temawan biasanya ramai dikunjungi pada perayaan hari besar keagamaan dan akhir pekan. Tak hanya wisatawan lokal, turis mancanegara pun kerap menjadikan Pulau Temawan sebagai destinasi favorit untuk berfoto, memancing, berenang, menyelam, dan menikmati wahana air.

pulau temawan anambas
Keindahan bawah laut Pulau Temawan. Foto: istimewa

Menjangkau Pulau Temawan tidaklah sulit. Pengelola menyediakan berbagai sarana dan prasarana, termasuk transportasi menuju pulau. Wisatawan dapat mengunjungi Pulau Temawan dengan ongkos Rp30.000 per orang pulang pergi (PP), dengan penjemputan di Pelabuhan Desa Temburun menggunakan speedboat.

Sesampainya di Pulau Temawan, berbagai fasilitas dengan harga terjangkau siap memanjakan pengunjung. Gazebo dapat disewa seharga Rp50.000, wahana air Banana Boat dengan tarif Rp250.000 untuk kapasitas 5 orang, serta penyewaan alat pancing dan boat untuk memancing. Bagi yang ingin menginap, tenda dapat disewa dengan biaya Rp50.000. Fasilitas umum lainnya disediakan gratis.

pulau temawan anambas
Pantai di Pulau Temawan. Foto: gokepri/Wisnu Een

Wisatawan di Pulau Temawan tidak perlu khawatir soal makanan. Pengelola menyediakan layanan pesan makan sesuai permintaan. Oleh-oleh khas kerajinan tangan masyarakat Batu Belah, seperti jongkong mini dan gasing, juga dapat dibeli dari penjual lokal.

“Kami biasa buka pada hari besar atau Sabtu Minggu ketika Weekend, namun hari biasa juga bisa dengan reservasi 3 hari sebelum mengunjungi Pulau Temawan di nomor 082284661247,” ujar Ketua Bumdes 7 Kunci Desa Batu Belah, Hendri Syaputra.

pulau temawan anambas
Suasana perairan di Pulau Temawan. Foto: gokepri/Wisnu Een

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti, mengatakan pengelolaan yang baik dalam sebuah destinasi wisata merupakan kunci kemajuan pariwisata. Potensi yang dimiliki oleh suatu daerah dan dimanfaatkan dengan baik oleh pengelola menjadi daya tarik yang tak terbantahkan.

“Arah kebijakan pembangunan pariwisata Anambas harus berbasis alam dan budaya dengan mengedepankan prinsip pariwisata berkelanjutan dan regeneratif,” kata Guntur.

Penulis: Wisnu Een

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

BAGIKAN