Pesona Pantai Padang Melang yang Memanjakan Mata dan Jiwa

pantai padang melang
Pantai Padang Melang, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Foto: istimewa

Anambas (gokepri) – Terletak di gugusan Kepulauan Riau, Kabupaten Kepulauan Anambas bagaikan permata tersembunyi di ujung utara Indonesia. Hamparan laut biru jernih, pulau-pulau kecil yang menawan, dan pantai berpasir putih menjadi daya tarik utama bagi para penjelajah alam. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi adalah Pantai Padang Melang, sebuah surga tersembunyi di Pulau Jemaja.

Membentang sepanjang 7,2 kilometer, Pantai Padang Melang memanjakan mata dengan pasir putihnya yang halus. Air laut yang jernih dan ombaknya yang tenang bagaikan kolam renang alami, mengundang wisatawan untuk berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di tepi pantai.

Baca Juga:

Keindahan alam Pantai Padang Melang tak hanya memanjakan mata, tetapi juga jiwa. Deretan pepohonan kelapa di sepanjang pantai memberikan nuansa sejuk dan teduh. Suara deburan ombak dan kicauan burung menemani momen bersantai, menghadirkan ketenangan dan kedamaian.

Terletak di Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja, Pantai Padang Melang merupakan salah satu ikon Anambas dan tempat wisata favorit wisatawan lokal maupun mancanegara untuk memanjakan mata dan menikmati pesona alamnya yang menakjubkan.

Pantai Padang Melang bukan hanya tentang keindahan alamnya. Di sini, budaya lokal juga terasa kental. Jejeran gazebo yang tertata rapi di sepanjang pantai menjadi tempat favorit untuk bersantai sambil menikmati kuliner khas Anambas.

Festival Padang Melang yang diadakan setiap tahun menjadi bukti kekayaan budaya Anambas. Berbagai pertunjukan seni dan budaya ditampilkan, mulai dari tarian tradisional, musik Melayu, hingga permainan rakyat. Festival ini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara untuk merasakan kemeriahan dan kehangatan budaya Anambas.

pantai padang melang
Festival Padang Melang, Anambas. Foto: Disparbud Anambas

Di samping itu, Pantai Padang Melang tidak lepas dari ramainya pengunjung yang akan selalu ada setiap harinya. Memiliki pelabuhan kecil yang memfasilitasi penumpang pesawat untuk meneruskan perjalanan menuju Tarempa, membuat setiap masyarakat yang berkunjung ke Anambas akan memijakkan kaki di Pantai Padang Melang ini.

Pantai yang dikelola oleh masyarakat sekitar ini tidak memerlukan retribusi untuk sekedar menikmati pantai. Jejeran Gazebo yang menghiasi pesisir pantai juga akan memberikan tempat bersantai menjadi lebih nyaman, dengan jajanan kuliner khas Anambas yang dapat dibeli ketika mengunjungi Pantai Padang Melang.

Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau merupakan sebuah daerah yang terletak di wilayah utara Sumatera, Indonesia dengan lokasi geografis kepulauan. Daerah otonomi yang baru berumur 15 tahun sejak mekar dengan Kabupaten Natuna pada 24 Juni 2008 ini dikelilingi hampir 95 persen laut dan memiliki 255 pulau dengan 26 diantaranya berpenghuni.

Karena kondisi tersebut, banyak sekali potensi wisata yang indah dan menakjubkan terbentang di hampir seluruh pulau-pulau yang ada di Anambas. Seperti batu-batu alam yang alami, lautnya jernih nan eksotis, terumbu karang yang masih terjaga, bahkan pantai-pantai yang tersebar di hampir seluruh pulau yang ada.

pantai padang melang
Pantai Padang Melang. Foto: gokepri/Wisnu Een

Juntak, warga Tanjungpinang yang sedang berkunjung ke Anambas mengatakan bahwa Pantai Padang Melang merupakan sebuah destinasi wisata yang perlu dijaga dan dilestarikan agar semakin menambah keindahannya.

Dia mengatakan, pantai ini merupakan sebuah panorama alam yang sangat luas dan panjang, sehingga ia dapat dengan puas memanjakan mata ketika mengunjungi pantai ini.

“Di tempat saya tidak ada pantai sepanjang ini. Memang Anambas luar biasa, baru sampai saja saya sudah disuguhkan pemandangan luar biasa seperti ini,” kata Juntak, Jumat (17/4/2024).

pantai padang melang
Pantai Padang Melang dari foto udara.

Dengan akses transportasi yang hampir tiap hari bisa di akses baik menggunakan Pesawat maupun kapal cepat membuat Juntak akan lebih sering mengunjungi Anambas, disamping kepentingannya melakukan perjalanan kerja.

“Ini namanya kerja sambil berwisata, moda transportasi bisa dipilih, harga kuliner juga masih terjangkau, tidak terpaut jauh dengan tempat saya,” sambung dia.

Untuk menuju Pantai Melang, wisatawan bisa memilih melalui beberapa jalur. Bisa dimulai dari Tanjungpinang dengan menggunakan kapal feri selama 7 jam hingga mencapai pelabuhan Letung, Pulau Jemaja. Dari Batam, bisa juga menggunakan pesawat menuju Bandara Letung, di Pulau Jemaja Anambas.

Dari dermaga wisatawan bisa berjalan kaki selama 1,5 jam untuk sampai ke pantai atau dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 30 menit. Sedang kan jika wisatawan memilih dari jalur laut maka akan memakan waktu 2 jam dari Tarempa. Jika dari bandara Jemaja maka memakan waktu 20 menit.

pantai padang melang
Jejeran gazebo di Pantai Padang Melang. Foto: istimewa

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti mengatakan Anambas memang merupakan sebuah daerah dengan potensi pariwisata yang sangat banyak. Untuk itu, perlu banyak kolaborasi dari pihak-pihak yang tentu saja serius dalam meningkatkan sektor pariwisata di Kepri termasuk Anambas.

“Anambas memiliki atraksi alam dan budaya yang cukup memesona. Untuk menjadi sebuah destinasi unggulan, perlu peningkatan daya saing, baik dari aspek Aksesibilitas, Amenitas, Ancillary dan Attraction (4A),” ujar Guntur ketika dihubungi, Senin (20/4/2024).

Dia juga berpesan agar wisata-wisata yang ada di Anambas tetap dengan alami dan menonjolkan budaya lokal yang dimiliki, dengan menerapkan sistem yang bisa memelihara serta berlangsung secara terus menerus.

“Arah kebijakan pembangunan pariwisata Anambas harus berbasis alam dan budaya dengan mengedepankan prinsip bariwisata berkelanjutan dan regeneratif,” pesannya.

pantai padang melang
Pantai Padang Melang dari foto udara.

Pemda menyadari potensi wisata yang luar biasa di Anambas. Upaya untuk meningkatkan daya saing dan melestarikan keindahan alam dan budaya terus dilakukan. Kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, menjadi kunci untuk menjadikan Anambas sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Bagi para pecinta alam dan budaya, Anambas, dengan Pantai Padang Melang sebagai salah satu ikonnya, adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan. Keindahan alam yang masih alami, keramahan penduduk lokal, dan kekayaan budaya yang unik akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Wisnu Een

 

BAGIKAN